in

Wow Siswa SMK Tuban ini Berhasil Ciptakan Inovasi Alat Deteksi Narkotika untuk Makanan dan Minuman

NgakakOnline.id – Melansir detik.com, alat ini dinamakan SI PENATOR’ yang tak lain adalah kependekan dari Smart Ink Pen Narcotic Inspector. Alat ini diciptakan oleh Miftahul Gufroni dan Salsadilla Luluk Ariyani, siswa kelas XI SMKN Rengel Tuban.

Alat ini berupa bolpoin yang menggunakan tinta dari larutan senyawa antosianin dan senyawa kurkumin. Larutan ini berasal dari ekstrak buah naga dan ekstrak kunyit. “Jadi tinta yang terbuat dari larutan buah naga dan kunyit tersebut mampu mengikat senyawa kimia khususnya zat narkotika,” ujar Miftahul Gufroni.

Baca Juga

Rumah Mode Balmain Menggunakan Model Virtual yang dibuat Menggunakan Teknologi 3D

Cara kerjanya adalah dengan meneteskan tinta dari pena ke atas makanan atau minuman yang dicurigai mengandung narkotika. Jika makanan tidak mengandung unsur zat narkotika maka warna cairan tidak berubah.

Karya mereka pun menjuarai lomba karya ilmiah bertajuk PCTA (Parade Cinta Tanah Air)yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono pun ikut menaruh perhatian pada prestasi kedua remaja ini. Nanang bersama jajarannya mendatangi SMKN Rengel dan menyaksikan secara langsung eksperimen kedua siswa tersebut.
.
ia juga mengaku takjub karena pena ini telah diujicobakan di sekolah dan BNK Jatim. Alat ini terlah berhasil mendeteksi berbagai jenis narkoba seperti sabu, ganja dan ekstasi, dan hasilnya terbukti akurat.

Follow @inovatips l @catatanfilm
Follow @video.masak l @indo_psikologi

RECOMMENDED

Teknologi Li-Fi yang bisa jadi pengganti WiFi

Wow Jepang hadirkan Teknologi Toilet Terbaru yang dapat mengukur jumlah dan laju aliran air seni

Mahasiswa Universitas Jember berhasil memanfaatkan radiasi medan magnet untuk meningkatkan kualitas dan daya tahan tempe

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa suscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Tradisi Inemuri Unik Jepang, yakni Tidur Tatkala Berada Dalam Perjalanan ke Tempat Kerja

Pernah Marah Karena Lapar? Ini Ternyata Sifat Alami Manusia Berikut Penjelasannya