in

Warga Pekalongan Temukan Elang Jawa Terjatuh di Jaring Sawah

NgakakOnline.id – Halo Ngakak Lovers, Tahukah kamu bahwa Elang Jawa termasuk spesies yang terancam punah? Sejak tahun 1992, Elang Jawa ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia dan masuk dalam daftar International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

Populasi ideal untuk Elang ialah sebanyak 1.450 pasang. Namun saat ini populasinya hanya sekitar 108-542 ekor. Minimnya jumlah burung bernama ilmiah Nisaetus Bartelsi tersebut dikarenakan beberapa faktor. Sebagai salah satu jenis hewan monogami yang hidup dengan satu pasangan seumur hidup, Elang betina memiliki kebiasaan hanya bertelur dua tahun sekali. Ditambah lagi dengan perdagangan liar satwa elang sebanyak 30-40 ekor per tahunnya.

Dan akhir-akhir ini terjadi sebuah peristiwa yang cukup unik terjadi di wilayah Kabupaten Pekalongan. Seekor burung langka dan dilindungi Elang Jawa tiba-tiba terjatuh dan ditemukan warga di areal persawahan Desa Wonorejo Kecamatan Kajen, Rabu 10 Oktober 2018.

Dialah Murido (40), orang pertama kali yang menemukan seekor burung elang jawa yang terjatuh ke dalam jaring sawah miliknya. Tak lama berselang, temuan burung elang jawa berwarna hitam itu dilaporkan ke pihak Kepolisian Resor Pekalongan.

Kasatreskrim Polres Pekalongan AKP Agung Ariyanto pun langsung memerintahkan Anggota Unit Tipidter untuk meninjau benar atau tidaknya informasi tersebut. Dipimpin oleh Ipda Suradi, Unit Tipidter menemui Murido, dan benar terdapat Elang Jawad dirumahnya yang berada di Dukuh Kiyudan RT 08 RW.03 Desa Wonorejo.

Warga Pekalongan Temukan Elang Jawa Terjatuh di Jaring Sawah

“Murido mengaku kebingungan dengan adanya Elang Jawa, karena pada saat ditemukan kondisi Elang lemas hampir mati sehingga dia membawa pulang terlebih dahulu untuk diberi makan sementara waktu,” ucap Suradi.

Menyadari bahwa Elang Jawa adalah jenis hewan langka yang dilindungi dan kini hampir punah, Murido pun menyerahkan Elang Jawa tersebut kepada Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Pekalongan.

“Selanjutnya dari Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Pekalongan akan menyerahkan Elang tersebut kepada BKSDA,” jelasnya.

Atas peristiwa itu, pihak kepolisian pun mengucapkan terimakasih untuk warga Desa Wonorejo, diberikan apresiasi tinggi karena hal tersebut juga ikut membantu melestarikan Elang Jawa yang kini hampir punah.

Sumber : kumparan.com

RECOMMENDED

Fakta di Balik Kemunculan Hewan Unik di Kebumen

Hewan Kecil Berbulu ini Ternyata Adalah Spesies Gajah Loh

Unik! Kafe di Kamboja Tawarkan Sensasi Nongkrong dan Ngopi Sambil ditemani Berbagai Hewan Reptil

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa subscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

7 Jenis Sukulen Paling Nge-Hits Untuk Hiasi Rumahmu

Seekor Kadal ‘Meneror’ Banyak Orang Lewat Telepon Misterius