in

Video Ombak Tinggi di Manado, BMKG Beri Peringatan Dini Tinggi Gelombang, Bukan Tsunami

NgakakOnline.id – Sejak siang kemarin, Manado dan sekitar diterpa angin kencang. Dan sebuah video ombak pasang di lautan Manado beredar di linimasa media sosial sejak Kamis (27/12/2018) malam. Ombak pasang hingga menuju jalan raya pengguna kendaraan tersebut diabadikan oleh orang-orang. Nampak banyak orang yang justru mengabadikan ombak tinggi menggunakan ponsel mereka.

Beberapa dari netter menyebut jika ombak pasang itu berada di kawasan Megamas, Manado. Jika dilihat dari video yang beredar, masih banyak pengunjung yang memadati kawasan tersebut hingga malam hari. Terdengar angin kencang dan air laut tumbah ke jalanan.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo telah mengimbau pada seluruh pihak terkait risiko gelombang tinggi. Dilansir Kompas.com, gelombang tinggi hongga empat meter berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung langsung mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi berupa release, Kamis (27/12).

BMKG menyebutkan jika gelombang tinggi akan terjadi khususnya pada perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud, dan Laut Maluku. Peringatan ini disampaikan Ricky Daniel Aror, Kepala Seksi Observasi dan Informasi, Stasiun Meterorologi Kelas II Maritim Bitun

Namun sejumlah warga dibuat parno dengan terjadi salah paham dari rilis BMKG tersebut. Ada yang menganggap terjadi tsunami.

“Benar, dokumen ini kami yang terbitkan dan dirilis ketika ada potensi gelombang tinggi,” ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi Ricky Daniel Aror SSi.

Masih pada laman yang sama, BMKG meminta nelayan waspada angin yang memiliki kecepatan lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,23 meter. Operator kapal tongkang agar mewaspadai kecepatan angin di atas 16 knot dan gelombang lebih dari 1,5 meter. Kapal feri harus mewaspadai angin berkecepatan lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter.

Kapal ukuran besar seperti kargo dan kapal pesiar harus mewaspadai angin kecepatan 27 knot ke atas dan gelombang tinggi di atas 4 meter.

“Masyarakat dan kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar peringatan dini harap memperhatikan kondisi tersebut,” kata Kepala BMKG Gorontalo Indar Adi Waluyo, Kamis (27/12/2018).

BMKG juga mengingatkan adanya gelombang moderat dengan tinggi 1,25 – 2,5 meter yang berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian barat, perairan utara Sulut, Teluk Tomini Selatan Gorontalo, Teluk Tomini Utara Poso, Perairan Bitung–Manado, dan Perairan selatan Sulut.

“Benar, dokumen ini kami yang terbitkan dan dirilis ketika ada potensi gelombang tinggi,” ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi Ricky Daniel Aror SSi.

Ia pun menjelaskan arti warna dalam rilis. Karena ada yang salah artikan.

Untuk warna hijau tua, papar Aror, berarti gelombang rata-rata di wilayah itu berkisar 1.25 – 1.5 meter. Untuk warna kuning berarti gelombang rata-rata di wilayah itu berkisar 1.5 – 2.0 meter.

Sedangkan warna jingga muda berarti gelombang rata-rata di wilayah itu berkisar 2.0 – 2.5 meter. Dan warna jingga tua berarti gelombang rata-rata di wilayah itu bisa lebih dari 2.5 meter.

“Dokumen ini bukan peringatan dini tsunami. Ini peringatan dini tentang tinggi gelombang yang diprakirakan terjadi hanya di wilayah sesuai pada gambar di realese kami,” tandasnya. (rei)

Berikut Videonya

Sumber : tribunnews.com

RECOMMENDED

Viral Ikan Koi Termahal di Dunia, Punya Panjang 1 Meter dengan Harga Rp27 Miliar

Usai Sebut Jangan Donasi ke Kalianda di Instagram, Kevin Minta Maaf

Viral, ini Alasan Orangtua Menikahkan Anak Kembar di Thailand

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa susbcribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Kunjungi juga gambarlucu.biz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Ikan Koi Termahal

Viral Ikan Koi Termahal di Dunia, Punya Panjang 1 Meter dengan Harga Rp27 Miliar

tilang

Video Viral, Lihat yang Dilakukan Pria ini Pada Motornya Tak Terima Kena Tilang