in ,

Tradisi Unik Menjual Anak di Indonesia yang Mungkin Jarang Diketahui Banyak Orang

Indonesia memiliki adat dan tradisi yang beragam dan cukup unik lantaran terdapat beraneka suku dan budaya di dalamnya. Ada salah satu tradisi di Indonesia yang sangat mencengangkan. Tradisi itu adalah menjual anak.

Mungkin banyak diantara kalian yang masih belum familiar dengan tradisi menjual anak ini. Diketahui ini ada di sebagian wilayah Sumatera Barat. Apa sih tradisi menjual anak? 

Tradisinya yang dikatakan menjual anak ini bukan dalam konteks yang negatif seperti transaksi jual beli barang. Ini dilakukan jika sebuah keluarga memiliki anak laki-laki yang wajahnya sangat mirip dengan sang ayah, atau anak perempuan yang mirip dengan ibunya. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, konon jika anak tersebut tidak dijual, nantinya saat dewasa akan mudah berselisih paham dengan orangtuanya. 

Tradisi
Tradisi Unik Menjual Anak di Indonesia yang Mungkin Jarang Diketahui Banyak Orang

 

Untuk tata cara penjualannya sendiri tidak bisa ke sembarang orang. Si anak harus dijual pada saudara perempuan sang ayah yang disebut dengan istilah “bako”.  Harga yang ditawarkan juga tidak harus mahal, sewajarnya dan sesanggupnya si pembeli saja. Bahkan harga yang biasa ditawarkan tak tanggung – tanggung murahnya bisa mencapai 20 ribu rupiah. 

Setelah sang anak dijual ini tidak berarti jadi dimiliki oleh si pembeli. Anak tersebut masih menjadi hak orang tuanya, tradisinya ini dilakukan hanya  untuk menghindari keributan di kemudian hari. Kelak setelah dewasa dan siap menikah, anak tersebut wajib dibeli kembali oleh orang tuanya kepada sang ‘bako’.

Itulah tradisi unik yang ada di Sumatera Barat, terlepas dari percaya atau tidak percaya, kita sebagai masyarakat Indonesia wajib menghormati dan melestarikan tradisi yang yang ada. Sebab di Indonesia memiliki beragam budaya yang berbeda-beda dan itu merupakan kelebihan yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Baca juga artikel viral lainnya : 

Viral, Grup Musik Now United Melakukan Tari Saman dari Aceh!

Ditegur Anggota TNI, Pemuda yang Mabuk Datangi Koramil Sambil Bawa Golok

Yuk follow juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, telepon dan teks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

nama penyakit

Wow, 5 Nama Penyakit ini Cuma Ada di Indonesia!

Ketika Kondom Mempunyai Rasa Kearifan Lokal Menggunakan Varian Aroma Khas Rendang

Ketika Kondom Mempunyai Rasa Kearifan Lokal Menggunakan Varian Aroma Khas Rendang