in

Ternyata Nasi Goreng Berasal dari Budaya Tionghoa

NgakakOnline.id – Melansir dari historia, nasi goreng sebenarnya muncul dari adab budaya Tionghoa yang tak suka menyantap makanan dingin tapi juga tak boleh membuang sisa makanan. Hal itu membuat nasi yang dingin sisa semalam kemudian digoreng kembali keesokan harinya.

Hanzi, demikian nasi goreng disebut di tempat asalnya, yakni Tiongkok. Diperkirakan, hanzi sudah ada sejak 4000 SM. Namun secara pasti, nasi goreng tercatat di era Dinasti Sui (589-618 M), di kota Yangzhou, Provinsi Jiangsu Timur.

Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara. Ia dibawa perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana. Pada abad ke-10, nasi goreng telah diperkenalkan pedagang Tionghoa yang menyinggahi kawasan kerajaan Sriwijaya. Mereka mulai menciptakan nasi goreng yang disesuaikan dengan bumbu dan cara menggoreng khas lokal.

Budayawan Omar Kayam dalam kumpulan tulisannya Mangan ora Mangan Ngumpul menyebut bahwa nasi goreng yang nikmat tak perlu memakai mentega. Racikan uniknya itu justru menggunakan minyak jelantah bekas gorengan telor dan teri yang dikocok menjadi satu.

Sumber : historia

RECOMMENDED

Wow! Rendang dan Udang Bumbu Bali Jadi Kuliner Favorit Warga Korea Selatan

Kandungan Karbohidrat di Pasta, Sulit Larut Dalam Darah Sehingga Membuat Tubuh Tidak Mudah Gemuk

Penjual Nasi Goreng Khas Singkawang ini Kebanjiran Pembeli Hingga Antri Berjam-jam

 

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa subscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Wow! Rendang dan Udang Bumbu Bali Jadi Kuliner Favorit Warga Korea Selatan

Wanita di Melbourne ini Kesal Hanya disajikan Roti dan Alpukat Seharga Rp 195 ribu