in

Ternyata Ada Aturan Tertulis yang Menjelaskan Bahwa Pihak Pengelola Parkir Bertanggung Jawab

NgakakOnline.id – Melansir dari intisari, Tempat parkir berdasarkan Putusan MA No. 3416/Pdt/1985, merupakan perjanjian penitipan barang. Pentipan sendiri berdasarkan Pasal 1694 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata adalah terjadi apabila seseorang menerima sesuatu barang, dari seorang lain, dengan syarat bahwa ia akan menyimpannya dan mengembalikannya dalam wujud asalnya.

Sebagai sebuah penitipan, berdasarkan berdasarkan Pasal 1706 KUHPer, pengelola tempat parkir sebagai penerima titipan wajib menjaga dan mengembalikan barang-barang yang dititipkan (motor) dalam keadaan semula pada saat dititipkan. Sehingga, pengelola parkir bertanggung jawab atas motor dan segala benda yang “menempel” pada motor.

Sementara mengenai tulisan peraturan mengenai kehilangan barang bukan tanggung jawab pengelola parkir, hal itu bahkan dilarang dalam hukum. Ini tercantum dalam Pasal 18 ayat (1) UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (“UUPK”).

Aturan itu berbunyi di mana pencantuman klausula baku oleh pelaku usaha yang menyatakan pengalihan tanggung jawab pelaku usaha adalah dilarang. Berdasarkan Pasal 18 ayat (3) UUPK klausula tersebut dinyatakan batal demi hukum.

Senada dengan Pasal 1706 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPer”) yang mengatakan: “Penerima titipan wajib memelihara barang titipan itu dengan sebaik-baiknya seperti memelihara barang-barang kepunyaan sendiri.”

Penjelasan pasal-pasal tersebut menyimpulkan, walaupun seseorang bukan pengusaha parkir tetapi menjalankan jasa parkir di mini markeyt misalnya, wajib bertanggung jawab akan kendaraan dan yang “benda yang menempel” dalam pengawasannya.

Sumber : intisari

RECOMMENDED

Motor-motor di penitipan Stasiun Bekasi ini tak diambil selama 1 tahun sampai terlihat sangat berdebu. Wah, disini ada yang jadi salah satu pemiliknya nggak?

Mobil ditabrak Cewek Cantik, Pemiliknya Malah Tak Jadi Marah

Salut! Para Polisi di Solo ini Berani Hentikan Mobil Presiden Demi Mendahulukan Ambulance

 

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa subscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Motor Trail yang dinilai Tangguh untuk Melewati Berbagai Lintasan

Duh, Pria Asal Iran ini Telah Meninggalkan Mandi dari Hidupnya Selama 60 tahun