in , , , ,

Tanggapan Kocak Warganet Terhadap Desain Ibu Kota Negara Baru Jadi Trending

Ngakak OnlineTanggapan kocak, Namanya juga warganet selalu ada-ada saja tanggapannya tentang desain baru Ibu Kota Negara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memastikan akan memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan. Pembangunan infrastrukturnya pun akan di mulai pada 2020 mendatang. Pemindahan tersebut tentu menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat, tak terkecuali di media sosial, terlebih setelah beredarnya desain Ibu Kota Baru tersebut.

Meski disebutkan bahwa desain ibu kota dilandaskan pada Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945, namun tak sedikit warganet yang berkomentar nyeleneh dan mencocokkan desain tersebut dengan hal lain.

Tanggapan Kocak Warganet Terhadap Desain Ibu Kota Negara Baru Jadi Trending
Tanggapan Kocak

 

Desain itu sendiri menampilkan bentuk segi lima yang merepresentasikan sebagai Pancasila serta monumen pancasila seperti Monas di pusat kota.

Seorang warganet dengan akun Twitter @amasna membagikan desain tersebut dan mengatakan bahwa desain tersebut mirip dengan Canberra. Unggahan itu pun menjadi diskusi antar warganet di kolom komentar.

“Ibu kota baru terinspirasi Canberra? Yang satu kayak GBK, satu lagi kayak mau manggil Baphomet,” tulis pemilik akun @amasna.

“Are these for real?? Udah ada Simbol Iluminati, terus Bintang David lagi??? Masya Allah ini ibukota apa markas Dajjal sama Yahudi???—- things that “some ppl” might soon say!”komentar KevinAdam2017.

“Is that triangle?” tambah ini_linniy.

“Ya ini khan masih draft proposal. Nanti bakal ada: 
– Desain Kota Baru_REV1
– Desain Kota Baru_REV2
– Desain Kota Baru_REV2.1
– Desain Kota Baru FIN
– Desain Kota Baru FIN_REV1.2.1.4,” cuit WidyDee.

“Ini minecraft ya? Wkwk,” tulis _ykzir.

 

Seperti dikutip dalam paparan materi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Pemerintah telah memberikan gagasan desain untuk Ibu Kota Baru.

Dalam materi itu, terdapat tiga visi yang melandaskan gagasan desain Ibu Kota baru.

Pertama, mencerminkan identitas bangsa. Dalam visi tersebut, desain Ibu Kota dilandaskan pada Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Visi tersebut menggambarkan Ibu Kota negara berbentuk segi lima yang merepresentasikan sebagai pancasila. Selain itu, terdapat lapangan dan monumen Pancasila seperti Monas di pusat kota. Kawasan inti pusat pemerintahan berada di sekeliling dari lapangan dan monumen Pancasila.

Adapun identitas bangsa terlihat dalam desain Morfologi dan fungsi-fungsi tata kota, ruang-ruang bagi aktivitas masyarakat yang mendorong prinsip gotong royong, dan fungsi-fungsi serta wadah yang melestarikan sejarah dan budaya bangsa seperti galeri nasional, museum, gedung pertunjukan dan taman-taman kesenian.

Kedua, yaitu mewujudkan keberlanjutan sosial, ekonomi dan lingkungan. Dalam desainnya mengintegrasikan ruang hijau dan biru. Artinya akan dibangun ruang terbuka untuk publik agar bisa berjalan lalu lalang menuju pusat kota ataupun bersepeda.

Ketiga yaitu mewujudkan kota cerdas dan modern berstandar internasional. Artinya, mulai dari industri, energi, keamanan, kesehatan, perumahan, hingga swalayan akan menggunakan teknologi berstandar internasional.

Selain itu, transportasi massal akan dibangun terintegrasi yang mana angkutan berbasis rel bakal dibangun di tengah-tengah jalan raya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Jual Makanan Nusantara Rp 8 Ribu, Menu Cafe Ini Bikin Kesal

Jual Makanan Nusantara Rp 8 Ribu, Menu Cafe Ini Bikin Kesal

Viral Video Pelajar Tenggak Miras di Kelas, Polisi Lakukan Ini

Viral Video Pelajar Tenggak Miras di Kelas, Polisi Lakukan Ini