in

Sumur Semburkan Gas dan Lumpur Hebohkan Warga Cilacap

NgakakOnline.id – Halo Ngakak Lovers, Pasti kamu pernah mendengar yang namaya sumur kan ? . Yap sumur atau perigi adalah sebuah sumber air yang digali. Namun selain sumber air, sumur juga bisa merupakan sumber minyak atau gas.

Sebuah sumur tradisional biasanya berupa lubang yang agak besar dan diberi tembok bulat pinggirnya. Biasanya lalu air ditimba dengan sebuah ember. Kalau jenis yang modern, terutama di Indonesia di daerah perkotaan, biasanya kecil dan hanya sebesar pipa pralon saja. Airnya disedot dengan sebuah peranti listrik yang sering disebut dengan nama “pompa air”.

Baru-baru ini Warga Cilacap digegerkan dengan kemunculan sumur yang mengeluarkan gas disertai lumpur. bentuknya mirip seperti kawah itu ditemukan di areal lahan Perhutani Petak 27, Dusun Gayamsari, Desa Rawajaya, Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Jawa Tengah.
Anggota Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Cilacap Puguh Supono menuturkan, itu sudah berada di lahan tersebut sejak 10 hari lalu. Lahan itu sendiri kerap dijadikan sarana bercocok tanam bagi warga sekitar.
“Sumur muncul di sawah perhutani yang digarap oleh warga. Diameternya sekitar 50 cm dan kedalaman 3 m,” kata Puguh saat dikonfirmasi

Sumur Semburkan Gas dan Lumpur Hebohkan Warga Cilacap

Puguh menjelaskan, ada sebuah kejanggalan dari keberadaan sumurnya. Hal itu berupa air lumpur yang tak stabil dan bergejolak ketika menjelang siang. Meski demikian, tak ada bau gas dalam semburan lumpur tersebut.
“Kalau pagi sampai siang biasanya tenang, tetapi setelah Zuhur sampai sore bergejolak, dan ketika warga nyoba menyulut (dengan api) ternyata menyala,” kata Puguh.

Puguh mengaku datang ke lokasi berada sekitar pukul 17.00 WIB, Senin (8/10). Ia datang lantaran mendengar kabar kemunculan tersebut dari media sosial.
“Kalau yang sudah saya lihat satu, tapi info dari sesepuh warga ada tiga, tapi saya belum melihatnya. Jadi belum A1 (bisa dipastikan, -red) kalau ada 3 sumur,” tambahnya.

Sumur Semburkan Gas dan Lumpur Hebohkan Warga Cilacap

Menurut Puguh, warga sekitar telah melaporkan keberadaan sumur tersebut ke pihak yang berwajib. Meski demikian, hingga saat ini belum ada tim dari Pemkab yang mendatangi tempat tersebut.
“Saat ini aparat desa sudah mendatangi dan mengamankan lokasi dengan plastik rafia, serta melaporkan ke Bupati dan Sekda Cilacap,” tutup dia.

Sumber : kumparan.com

RECOMMENDED

Menara Batu Totem Pole Keajaiban Alam yang Melengkapi Keindahan Tasmania

Hebat, Sekawanan Lebah ini Membuat Sarang seperti Monster

Rumah Pohon Willow Treehouse Tempat Penginapan yang Pas untuk Traveler

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa subscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Kebiasaan Baik ini Bisa Kita Contoh dari Orang Zaman Dulu

Fakta di Balik Kemunculan Hewan Unik di Kebumen