in ,

Suku Mante Apakah Fiksi atau Real ?

NgakakOnline.id – Sobat ngakak, pernakah kalian mendengar Suku Mante? Suku Mante merupakan kelompok masyarakat yang hidup dari hutan ke hutan di daerah pedalaman atau pegunungan Aceh Tenggara, Aceh Tengah, dan daerah Pidie sekitar Tangse.

Sama dengan beberapa suku asli lainnya seperti Jakun, Sakai, Senoi, Lanung, dan Semang. Akan tetapi informasi mengenai Suku ini masih sangat terbatas sehingga perlu banyak di gali.

Keberadaan dari Suku ini mulai terkuak kembali setelah beredarnya video viral munculnya sesosok manusia kerdil di hutan Aceh yang menghebohkan dunia maya. Manusia kerdil tak berpakaian yang terlihat sedang membawa kayu itu terlihat mampu berlari sangat cepat. Kuat dugaan jika sosok tersebut adalah bagian dari Suku ini.

Sejumlah warga asli Aceh mengakui jika mereka pernah bertemu langsung dengan Suku Mante. Bahkan, ada juga yang rela menghabiskan waktunya demi menjadi pemburu Suku Mante. Namun, hingga saat ini belum ada data scientific terkait keberadaan Suku tersebut. Masih terbatas pada info dari mulut ke mulut.

Sejarah Suku Mante

Menurut sejarawan dari Universitas Syiah Kuala, Teuku Abdullah, istilah ‘Mante’ dipopulerkan oleh Dr. Snouck Hurgronje dalam bukunya ‘ The Atjehers’. Dia menjelaskan bahwa Suku Mante tinggal di daerah perbukitan.

Berdasarkan laporan Dari Dinas Sosial Provinsi Aceh, keberadaan Suku ini tersebar di 14 lokasi yang berbeda di Aceh. Diantaranya adalah di kawasan Kaki Gunung Halimun Pidie, Hutan Pameu Aceh, Hutan Kopi Gayo lues, Samarkilang Bener Meriah, dan lainnya.

Karakteristik dari Suku Mante

1. Menjadi Suku Terasing


Suku Mante

Suku Mante telah memilih untuk hidup di gunung-gunung maupun di hutan-hutan yang sulit terjamah manusia. Sehingga menjadikannya sebagai suku yang terasing karena jarang berinteraksi langsung dengan masyarakat aceh pada umumnya. Aktivitas dari suku ini juga tidak diketahui secara luas karena sifat mereka yang sangat tertutup.

2. Memiliki Bentuk Fisik Yang Unik

Suku Mante

Bentuk fisik dari Suku Mante juga berbeda yaitu lebih kecil dengan postur tubuh agak bungkuk namun sangat lincah. Tinggi rata-rata mereka hanya 60-70 cm dengan tinggi maksimal hingga 1 meter.

Untuk warna kulitnya sendiri adalah warna khas Suku Melayu yaitu sawo matang dengan rambut yang lurus. Bentuk muka yang bulat, telinga agak runcing ke atas dan juga berotot. Suku ini juga memiliki telapak kaki seperti manusia pada umumnya namun lebih lebar pada bagian ujung jari.

3. Berlari Dengan Cepat

Suku Mante

Suku ini juga memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat. Hal itu dapat diketahui dari rekaman video yang beredar dan menjadi viral. Dalam video tersebut, manusia kerdil yang diduga sebagai mereka terlihat berlari sangat cepat dan masuk ke dalam hutan.

4. Mempunyai Bahasa Sendiri

Suku Mante

Suku ini juga memiliki bahasa khas yang hanya dipahami oleh sesamanya. Namun, untuk aksen maupun logatnya belum diketahui secara pasti dikarenakan belum banyak yang berinteraksi langsung dengan suku ini.

Hanya saja, pernah ada warga lokal yang tersesat dan ditunjukkan jalan oleh Suku ini dengan menggunakan bahasa isyarat. Yaitu dengan menggoreskan kuku tangannya di tanah ke kanan ke kiri dan kanan atau lurus.

5. Pemakan Segala (omnivora)

Sama seperti manusia pada umumnya, Suku ini juga pemakan segala (omnivora). Mereka makan apa saja yang dijumpai di hutan. Mulai dari ikan, ayam hutan, lumut, salak hutan, hingga dedaunan.

Baca Juga : 

Bikin Gorengan Pakai Air, Pria Asal AS ini Bener-bener Gokil

Wow, di Negara ini Pengguna Vape Bakal Ditangkap Polisi

Yuk kunjungi juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pria makan otak

Gila! Pria Ini Makan Otak Korban yang Dibunuhnya Pake Nasi Lagi!

Berbagai Makanan Aneh yang Ada di Indonesia, Sudah Pernah Coba?