in

Sisi Lain Ma’ruf Amin, Mulai dari Suka Nonton Film Hingga Sepakbola

NgakakOnline.id Hallo NgakakOnline Lovers, Malam itu, rombongan calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Ma’ruf Amin tiba di salah satu restoran di Tasikmalaya, Jawa Barat, sekitar pukul 19.00 WIB. Dengan mengenakan pakaian khasnya, kemeja putih lengkap dengan jas hitamnya, sorban putih, dan peci hitam, Ma’ruf mulai beramah tamah dengan orang-orang yang telah menantinya.

Makanan pun sudah tersedia untuk menjamu Ma’ruf. Dengan lahapnya, Ma’ruf menyantap makanan-makanan yang tersedia. Usai makan, para awak media pun diberi kesempatan untuk mengobrol tentang sisi lain Ma’ruf. Mulai dari reaksinya saat dipilih menjad cawapres, hingga ia bercerita tentang tim sepak bola favoritnya.

1. Ma’ruf tak menyangka dipilih jadi cawapres

Sisi Lain Ma'ruf Amin, Mulai dari Suka Nonton Film Hingga Sepakbola

Tak menyangka dipilih sebagai cawapres Joko ‘Jokowi’ Widodo, Ma’ruf mengaku belum menyiapkan apapun saat terpilih menjadi cawapres. Bahkan, dia belum menyiapkan tim sendiri yang mengatur agenda ke depan.

“Saya memang tidak mempersiapkan diri buat tim atau semacam ya tim lah, untuk supaya saya jadi cawapres, gak ada, saya gak punya,” kata Ma’ruf di Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (20/10).

Ceritanya, saat itu memang Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hanya menyodorkan nama-nama kadernya. Namun, ia tetap tidak menyangkan jika akhirnya namanya dipilih sebagai pendamping Jokowi.

“PBNU memang memberikan alternatif-alternatif, ada nama saya, Kiai Said, Muhaimin (Cak Imin), Rommy (Romahurmuziy), ada juga nama Mahfud. Tapi seluruhnya memang diserahkan Pak Jokowi dan tidak memaksa-maksa,” ujar Ma’ruf.

2. John F Kennedy salah satu tokoh inspirasi Ma’ruf

Sisi Lain Ma'ruf Amin, Mulai dari Suka Nonton Film Hingga Sepakbola

Sukses menjadi salah satu tokoh besar di Indonesia, perjalanan Ma’ruf pun tak terlepas dari tokoh-tokoh inspirasinya. Tokoh-tokoh NU hingga dunia menjadi inspirasinya selama ini, mulai dari KH Hasyim Asy’ari, KH Abdul Wahab Abdullah, hingga John F Kennedy.

“Kalau tokoh dunia itu tokoh-tokoh yang selain membangun kesejahteraan juga membangun perdamaian kerukunan, misalnya John Kennedy, itu kan orang-orang yang ingin bangun perdamaian, menghentikan konflik. Nah, saya tertarik orang seperti itu karena saya juga ingin seperti itu,” ucap dia.

3. Buku fiqih menjadi salah satu bacaan referensinya

Sisi Lain Ma'ruf Amin, Mulai dari Suka Nonton Film Hingga Sepakbola

Selain bercerita tentang tokoh inspirasinya, Ma’ruf juga menceritakan tentang buku bacaan favoritnya. Di antaranya buku fiqih dan tafsir.

“Sebagai kiai tentu referensi utamanya tafsir, hadist, terutama fiqih. Karena fiqih itu sifatnya solusi. Fiqih bisa memberi solusi, solusi problem. Solusi fiqih sering bisa selesaikan persoalan konflik yang terjadi. Selain itu tentu buku-buku politik, ekonomi,” tutur dia.

Tak hanya buku fiqih, Ma’ruf juga suka membaca novel, terutama novel yang bertema tentang silat.

4. Ma’ruf suka menonton film yang bertema perjuangan

Sisi Lain Ma'ruf Amin, Mulai dari Suka Nonton Film Hingga Sepakbola

Meski sibuk dengan urusan banyak hal, Ma’ruf masih suka menonton film. “Ya film-film yang menceritakan bagaimana perjuangan, bagaimana selesaikan konflik-konflik, itu yang menjadi perhatian saya,” ungkap dia.

5. Ma’ruf memiliki beberapa tim bola favorit

Sisi Lain Ma'ruf Amin, Mulai dari Suka Nonton Film Hingga Sepakbola

Tak kalah dengan kegemaran anak muda, Ma’ruf juga suka menonton sepakbola. Biasanya ia menonton sepakbola sambil menikmati segelas teh. Beberapa tim sepakbola menjadi kesayangannya.

“Ya, yang bagus, terkadang Manchester City, kadang Manchester United, kadang Chelsea. Liverpool juga. Sambil minum teh,” kata Ma’ruf santai.

6. Ma’ruf mulai mengatur pola makan

Sisi Lain Ma'ruf Amin, Mulai dari Suka Nonton Film Hingga Sepakbola

Setelah menjadi cawapres, Ma’ruf tentu memiliki kesibukan lebih padat dari sebelumnya. Akibatnya, sulit mencari waktu untuk berolahraga.

“Dulu iya, sekarang gak sempat jalan pagi. Pertama, saya selalu berada di luar kota seperti sekarang. Kedua, tamu kalau di rumah tamu jam enam sudah datang, pagi. Jadi mau jalan pagi sudah gak sempat lagi,” ungkap dia.

Karena itu, Ma’ruf kini berusaha menjaga pola makan, terlebih umurnya yang tidak muda lagi. Kesehatan menjadi hal yang sangat diperhatikan sekarang ini.

“Cuma kan karena sudah tua, tentu sudah mulai ada gula, sudah mulai ada kolesterol, sudah mulai ada asam urat. Itu yang kita hindari, ya mengurangi gulanya, kemudian kolesterol nya, kemudian asam uratnya, supaya sehat,” kata Ma’ruf.

Semoga Pak Ma’ruf tetap sehat, ya guys.

Sumber : idntimes

RECOMMENDED

Seperti di Sunat Jin, Kulup Bocah Probolinggo Hebohkan Warga

Jangan Sembarangan Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Dulu

Mengalami Lidah Pahit Saat Bangun Pagi? Berikut Penjelasannya

 

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa susbcribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Seperti di Sunat Jin, Kulup Bocah Probolinggo Hebohkan Warga

Girls, 7 Chat Ini Sukses Bikin Cowok Deg-degan Mikiran Kamu!