in

Seseorang yang Berbohong Bisa dideteksi dari Temperatur Tubuhnya yang Tiba-tiba Meningkat

NgakakOnline.id – Kalau di negeri dongeng, orang yang berbohong akan punya hidung yang panjang. Nah, di dunia nyata hidung Anda juga mengalami perubahan saat berbohong. Bukan bentuknya yang semakin panjang, tapi suhu hidung kian meningkat, dilansir dalam laman Web MD.

Studi yang menginvestigasi hubungan antara kebohongan dan hidung ini lebih dikenal dengan ‘Pinocchio Effect’. Suhu pada hidung bisa naik ketika seseorang merencanakan kebohongan. Meskipun begitu saat melakukan aksi kebohongan, suhu hidung bisa menurun. Hal ini terjadi karena si pembohong mencari empati dari orang lain.

Para peneliti Spanyol di University of Granada masih menyelidiki fenomena ini. Diduga bahwa hal ini terjadi karena respon tubuh saat Anda berbohong. Ketika seseorang berbohong, rasa cemas dan takut ketahuan akan muncul. Saat itu juga, tubuh Anda akan menimbulkan beberapa respon seperti detak jantung semakin kencang dan temperatur tubuh pun meningkat. Akhirnya, area sekitar hidung dan mata akan terasa lebih hangat.

Baca Juga

Daerah Otak Pengatur Emosi Pada Wanita Lebih Besar Yang Menyebabkan

Selain itu, mereka juga menemukan bahwa suhu wajah seseorang akan menurun ketika melakukan tugas mental yang sulit. Sebaliknya, meningkat saat mengalami kecemasan yang tinggi. Efek ini akibat sesuatu yang terjadi pada insula yakni suatu wilayah di otak yang berperan dan terlibat dalam kesadaran, deteksi, dan mengatur temperatur suhu tubuh.

Mereka menggunaka alat yang disebut Thermography yang dapat digunakan untuk mempelajari keadaan emosional dan psikologi seseorang yang terealisasi melalui suhu tubuh. Keadaan tersebut dapat berupa rangsangan seksual, di mana dapat memanaskan dada dan alat kelamin

Selain mendeteksi emosi, kamera termal juga dapat mendeteksi seseorang yang minum berlebih (mabuk) seperti tertulis dalam Journal of Electronic Security and Digital Forensics. Peneliti dari University of Patras di Yunani meneliti 20 peserta yang meminum empat gelas bir dalam kurun waktu 20 menit.

Kemudian peneliti mengambil sampel serangkaian gambar infra merah dari wajah mereka. Tim menemukan bagian hidung dan mulut umumnya memiliki suhu lebih panas dibandingkan dengan dahi

Sumber : hellosehat

RECOMMENDED

Sering Alami Mimpi Buruk Tiap Tidur Malam Bisa Memicu Seseorang Menjadi Stres, Bahkan Bunuh Diri

Menggaruk Kulit Akibat Gigitan Serangga Merupakan Hal yang Salah

Hubungan Positif dengan kakek-nenek Berkontribusi Secara Signifikan Terhadap Kesejahteraan Anak-anak

 

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa subscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Kios Pangkas Rambut Ko Tang, Langganannya Para Pejabat

Seorang Bocah laki-laki Sembilan Tahun di Kabupaten Pekalongan, Ia Terpaksa Kehilangan Kepala Kelaminnya