in ,

Ketahui Sejarah Tentang Hutan Amazon Mendapatkan Namanya

NgakakOnline.id – Salah satu hutan hujan paling penting untuk dunia adalah hutan Amazon. Dengan luas area lebih dari 5,5 juta kilometer persegi yang 60% luasnya berada di Brazil. Tak hanya itu sejarah tentang hutan Amazon juga sangat menarik. Hutan luas ini menjadi primadona bagi umat manusia, termasuk penjelajah pertama yang diduga sebagai pemberi namanya.

Wilayah Amazon setidaknya telah berumur ribuan tahun dengan penghuni awal adalah manusia zaman batu yang terdiri dari ratusan suku-suku  dengan jumlah ribuan jenis suku.

Sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Gonzalo Pizarro yang berasal dari Spanyol pada tahun 1541 kehabisan persediaan makanan saat perjalanan menjelajahi bagian timur pegunungan Andes. Pizarro memiliki sepupu yaitu Fransisco de Orellana menawarkan diri untuk mencari bahan makanan dibantu 60 orang kru. Ia mendayung perahu ke Rio Napo itulah pertama kalinya ia menemukan Amazon di dekat Peru. 

Sepanjang perjalanan ia mengalami banyak serangan dari penduduk pribumi. Namun tidak ada yang mengklaim wilayah ini hingga pada akhirnya Portugis datang membangun benteng pada tahun 1616 di dekat muara sungai Belem. Selama abad  ke 17 dan 18 kelompok petualang asal Portugis menjelajah menembus lebih jauh ke dalam hutan untuk mencari emas dan budak pribumi.

sejarah tentang hutan amazon
Image Source : gstatic

Konon nama Amazon didapatkan karena konflik antara penjelajah Spanyol Francisco de Orellana dengan suku asli Amazon yang dikenal sebagai suku Tapuyas. Sebagai orang yang pertama kali menyusuri sungai Amazon ia juga diingat karena menemukan kota Guayaquil di Ekuador. 

Nama amazon diambil oleh Orellana karena mengingat para pejuang suku Tapuyas yang diantaranya adalah pria dan wanita dengan memakai rok rumput sehingga sulit dibedakan, mana pria dan wanita. Dari situlah ia teringat akan legenda Yunani kuno yang memiliki pejuang-pejuang wanita.

Image Source : gstatic

Dalam legenda yunani digambarkan pertempuran melawan wanita-wanita Amazon yang cantik, berani, dengan kekuatan yang besar. Namun banyak pula yang berpendapat bahwa nama Amazon berasal dari kata asli penduduk setempat yakni bahasa Tupi atau Guarani yang jika diterjemahkan ke bahasa Portugis menjadi Amassona yang berarti pemecah kapal. Itulah sejarah tentang hutan Amazon yang sangat indah. Apa kamu tertarik untuk pergi kesana?

Baca juga artikel menarik lainnya : 

Nyinyir di Medsos, Pemuda di Makassar Diserang Busur Panah hingga Tewas

Salut! Pria Ini Resign dari Pekerjaannya Hanya Demi Membersihkan Sungai

Yuk follow juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, telepon dan teks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Andika kangen band 'Babang Tamvan' Jadi Gelandangan, Netter: Nggak Usah Makeup Padahal

Andika kangen band ‘Babang Tamvan’ Jadi Gelandangan, Netter: Nggak Usah Makeup Padahal

Wanita 75 Tahun di Korsel Menang Kompetisi Binaraga

Wanita 75 Tahun di Korsel Menang Kompetisi Binaraga