in , ,

Reynhard Sinaga Perkosa 48 Pria, KBRI London Sudah Beri Pendampingan

Foto: Reynhard Sinaga (GMP via AP)
NgakakOnline – Reynhard Sinaga bikin heboh warga negara Inggris & Indonesia. WNI atas nama Reynhard Sinaga divonis seumur hidup bui karena kasus pemerkosaan terhadap 48 pria di Inggris. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan telah ikut menangani kasus Reynhard Sinaga sejak 2017.

“KBRI London telah melakukan penanganan kasus WNI atas nama Reynhard Tambos Maruli Tua Sinaga (Reynhard Sinaga/RS) sejak tahun 2017-2020,” kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, Judha Nugraha, dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (7/1/2020).

Reynhard disebut telah menjalani sidang dalam empat tahap. Sidang terakhir menjatuhkan vonis terhadap Reynhard Sinaga. “Proses persidangan dilakukan dalam empat tahap. Pada persidangan terakhir tanggal 6 Januari 2020, hakim memutuskan hukuman masa tahanan 30 tahun,” sebut Judha.

Selama empat tahap sidang itu, Reynhard diputuskan bersalah atas tindakan pemerkosaan hingga upaya pemerkosaan. Kemlu menegaskan pendampingan kekonsuleran terhadap Reynhard Sinaga telah dilaksanakan.

“Berdasarkan fakta-fakta persidangan selama sidang tahap I-IV, Reynhard telah dinyatakan terbukti bersalah atas 159 dakwaan dengan rincian tindak pemerkosaan sebanyak 136 kali, usaha untuk pemerkosaan sebanyak 8 kali, kekerasan seksual sebanyak 13 kali dan kekerasan seksual dengan penetrasi sebanyak 2 kali,” ungkap Judha.

“Fungsi pendampingan kekonsuleran telah dilakukan demi memastikan yang bersangkutan mendapatkan hak-hak hukum sesuai peraturan yang berlaku di negara setempat,” tegas Judha Nugraha.

Seperti dilansir Associated Press, Reynhard, yang diadili di Pengadilan Manchester, secara meyakinkan divonis bersalah atas perkosaan terhadap 48 pria. Namun pihak berwenang Inggris memiliki bukti bahwa Reynhard, yang berstatus WNI, ada 195 video kekerasan seksual yang dilakukan oleh pria 36 tahun itu. Indikasinya, seorang korban diperkosa berkali-kali.

Hakim Suzanne Goddard mengatakan sebenarnya jumlah korban Reynhard tak pernah diketahui.

“Anda adalah predator seksual berantai jahat yang telah memangsa para pria muda yang datang ke pusat kota hanya untuk bersenang-senang dengan teman mereka. Salah satu korban Anda menggambarkan Anda sebagai monster,” kata Hakim Suzzanne di pengadilan. “Salah satu korban Anda menggambarkan Anda sebagai monster. Skala dan besarnya pelanggaran Anda menegaskan ini sebagai deskripsi yang akurat,” imbuhnya.

Jaksa penuntut Ian Rushton mengatakan Reynhard memiliki sikap yang tidak mengancam. Dia berteman dengan para pria muda, termasuk banyak yang mabuk setelah keluar malam. Kemudian dia menawari para korban tempat menginap di apartemennya. Dia memfilmkan banyak dari hubungan seksual yang dipaksakan.

Rushton mengatakan banyak korban pada awalnya berterima kasih kepada Reynhard karena menawarkan akomodasi kepada mereka.

“Tapi begitu kembali ke flatnya, dia menggunakan korban sebagai objek murni untuk kepuasannya sendiri,” kata Rushton.

Setidaknya 10 fakta ini terungkap dalam kasus pemerkosaan ratusan pria oleu Reynhard Sinaga:

1. Polisi Manchester mengatakan bahwa kejahatan yang dilakukan Reynhard setidaknya untuk periode 10 tahun

2. Hakim menyatakan Reynhard merupakan pemerkosa berantai yang paling ganas dalam sejarah Inggris

3. Reynhard melakukan modus menyasar pria yang berjalan sendiri dari bar atau agak mabuk maupun yang memerlukan charge ponsel dan dia menawarkan apartemennya lalu membius mereka lewat minuman alkohol ditambah obat bius sebagaimana dilansir laman BBC

4. Kejahatan Reynhard terbongkar saat salah satu korbannya sadar di tengah aksi Reynhard melakukan pemerkosaan dan akhirnya berhasil kabur setelah melawan

5. Korban sadar lalu melaporkan kepada polisi dan dari ponsel pelaku diketahui video-video pemerkosaan yang dilakukannya dengan bangga

6. Korban Reynhard berusia dengan kisaran usia 18 hingga 35 tahun sebagaimana diberitakan Independent

7. Reynhard ditangkap pada Juni 2017 dan ditahan. Kasusnya bergulir dalam dua tahun terakhir setidaknya dalam empat sidang terpisah. Hakim lalu memvonis hukuman penjara 30 tahun dan otoritas merilis kasus ini

8. Reynhard diketahui sebelumnya adalah warga Depok, Jawa Barat. Dia disebut berasal dari keluarga yang cukup berada, dicukil dari BBC

9. Reynhard menekuni Ilmu Sosiologi dan belakangan Ilmu Geografi

10. Sayangnya banyak korban Reinhard yang tak sadar bahwa mereka diperkosa karena tak sadar selama berjam-jam. Setelah mengetahui aksi predator itu, para korban syok yang mereka akui dalam sesi terapi. Bahkan ada yang disebut sempat ingin bunuh diri.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Suku Mante Apakah Fiksi atau Real ?

Trend Challenge Angkat Kursi yang Sulitkan Para Pria

Yuk kunjungi juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

10 tahun Indonesia Berduka, Mengenang Gus Dur