in

Review MagiCat: Game Platformer Indonesia yang Tak Ingin Anda Lewatkan!

Sebuah kondisi yang menyenangkan dan melegakan di saat yang sama, bahwa banyak game Indonesia mengemuka menjadi produk dengan kualitas dan potensi tinggi selama tahun 2017 ini. Setelah sempat membahas Fallen Legion dari Mintsphere yang berhasil tampil sebagai game Indonesia pertama yang dirilis di platform Playstation 4 dengan kualitas RPG yang cukup memesona, kini giliran sebuah game platformer dengan pendekatan visual super imut yang juga menawarkan daya tarik yang sulit ditolak. Ucapkan selamat datang pada MagiCat!

Dikembangkan oleh developer satu orang bernama kode “Kucing Rembes” yang menangani semua hal terkait MagiCat ini. Ia yang melakukan coding, meracik pendekatan art dari visual hingga musik, desain level, yang berujung pada kualitas yang kita nikmati saat ini. Dibantu dengan Toge Productions sebagai publisher, MagiCat akhirnya dirilis secara resmi di Steam dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat bentuknya yang super imut, mungkin banyak gamer yang langsung menarik diri dan mengira ini adalah sebuah game “standar” platformer yang dibangun malas. Namun terjun ke dalam, maka Anda akan menyadari bahwa ini lebih dari apa yang Anda pikirkan selama ini.

Lantas, apa yang ditawarkan oleh MagiCat ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game platformer Indonesia yang tak akan ingin Anda lewatkan? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Seperti game platformer pada umumnya, cerita seringkali berakhir tak terlalu penting.

Seperti game platformer pada umumnya, cerita seringkali berakhir tak terlalu penting.
Maka mengikut jejak game-game platformer pada umumnya, MagiCat tak bisa dibilang mengusung sebuah cerita yang menarik untuk diikuti, atau dengan kata lain, unik. Sama seperti Mario yang berfokus untuk menyelamatkan Kerajaan Jamur atau Princess Peach, Anda juga akan menempuh kisah kepahlawanan yang sama. Namun bukan seorang tukang ledeng berkumis tebal atau mungkin ksatria dengan sebuah sekop raksasa sebagai senjata, Anda kini berperan sebagai seekor kucing nan imut yang punya kemampuan magis.

Cerita dipresentasikan lewat dialog yang menggunakan bahasa binatang, Anda akan berperan sebagai seorang kucing bernama MagiCat yang punya satu tugas penting – menemukan kembali sebuah artifact super penting yang sudah dicuri oleh sebuah monster misterius. Untuk melakukannya, ia harus menjelajahi dunianya yang juga terbagi ke dalam berbagai area yang berbeda. Tentu saja, perjalanan ini sendiri tidak akan mudah. MagiCat juga harus bertarung melawan beragam monster, termasuk para boss yang siap untuk mengancam nyawanya.

Anda akan berperan sebagai seorang MagiCat yang harus mencari sebuah artifact penting yang hilang.
Petualangan dimulai!

Lantas, monster seperti apa saja yang harus dikalahkan oleh MagiCat? Mampukah ia menemukan kembali artifact super penting miliknya? Anda harus mencicipi game ini untuk mendapatkan jawabannya.

Jangan Tertipu Visual Sederhana

Jangan tertipu dengan visualnya yang sederhana. Ini adalah game yang siap untuk menundukkan Anda jika Anda tidak siap!

Jika melihat seberapa sederhananya kualitas visual MagiCat yang mengingatkan Anda pada game lawas masa lampau, atau sekedar memerhatikan betapa imutnya karakter yang ia usung, atau penuh warnanya dunia yang harus ia jelajahi, sebagian besar dari Anda mungkin akan langsung mengira bahwa ini adalah sebuah game platformer super sederhana yang didesain untuk satu pasar jelas – anak-anak. Bahwa seperti game-game flash “gratisan” yang bisa Anda temukan di browser web saat ini, ini adalah game yang tak membutuhkan banyak strategi dan dikembangkan dengan setengah hati. Namun percaya atau tidak, jangan tertipu dengan kualitas visual sederhana yang ia usung!

MagiCat memang terlihat begitu sederhana dan menggemaskan, namun ini adalah game yang siap untuk membuat gamer-gamer “hardcore” sekalipun sekelas Dark Souls atau pecinta platformer yang intens kelabakan. Bentuk visual yang ditawarkan tidak mewakili pengalaman gaming seperti apa yang akan Anda dapatkan darinya, yang harus diakui, berakhir lebih serius dan bahkan, siap untuk membuat banyak dari Anda jatuh pada rasa frustrasi karena tantangan yang ia tawarkan. Dan pelan tapi pasti, Anda akan mulai mengabaikan pendekatan kualitas visual yang ia tawarkan.

Pendekatan visual piksel seperti ini tidak hanya sesuai tema, tetapi juga terasa seperti homage untuk game platformer klasik di masa lalu.
Berfokus pada gameplay, pendekatan ini juga membuatnya “ramah” untuk PC dengan spesifikasi rendah.

Malahan, Anda akan mulai mengembangkan rasa apresiasi tersendiri. Visual berbasis piksel ini berujung memperkuat pengalaman Anda. Ini adalah sebuah homage yang jelas untuk membuat Anda mengasosiasikan MagiCat dengan ragam game platformer masa lampau seperti Megaman, misalnya, yang memang punya tingkat kesulitan tinggi. Plus pendekatan ini memang pantas untuk merepresentasikan dunianya yang penuh warna nan imajinatif, seperti sebuah dunia dongeng yang Anda bayangkan semasa kecil. Pendekatan seperti ini juga membuatnya ramah spesifikasi, hingga gamer dengan rig PC yang lemah sekalipun akan bisa menikmatinya dengan framerate yang pantas.

Satu yang pasti, jangan sampai kualitas visual yang ditawarkan oleh MagiCat ini membuat Anda menghindar terlebih dahulu. Memasukinya akan membuat kucing imut yang satu ini berakhir jadi salah satu mimpi buruk yang menghantui malam-malam Anda karena rasa frustrasi yang ditimbulkan.

Desain yang Super Cerdas!

Ia mengusung desain level yang super cerdas!

Pada dasarnya, MagiCat adalah sebuah game action platformer yang Anda kenal selama ini. Bahwa fokusnya adalah menyelesaikan tiap level yang ditawarkan pada Anda lewat dua kemampuan standar si MagiCat itu sendiri, yakni melemparkan sebuah serangan proyektil dan melompat. Tidak hanya sekedar melompat, ia juga bisa sedikit melayang di udara jika Anda menahan tombol lompat untuk beberapa saat. Namun berbeda dengan game platformer pada umumnya yang hanya memuat pertarungan boss di titik tertentu, setiap level di MagiCat akan diisi dengan varian boss di akhir yang siap untuk menghadirkan ekstra tantangan bagi Anda.

Tidak perlu masuk terlalu jauh untuk menyadari desain cerdas yang ditawarkan di dalam game yang satu ini. Dari sekedar ruang pemilihan level ala game Mario lawas yang sepertinya tak asing lagi, Anda akan menemukan bahwa ia ternyata hadir dalam format yang berbeda. Walaupun dunia dan level dibagi dalam bentuk angka, tidak ada keharusan untuk menyelesaikannya dalam satu sekuens tertentu. Seperti sebuah game open-world, Anda punya kebebasan untuk berhadapan dengan level yang tersedia tanpa harus berurutan. Terkadang, ada beberapa level yang “terkunci” di belakang jalur tertentu atau membutuhkan aksi ekstra untuk dibuka, sementara tidak sedikit yang berjalan linear.

Kerennya lagi? “Kucing Rembes” – sang developer memperlihatkan komitmen yang luar biasa untuk memastikan bahwa tidak ada satupun level yang Anda temukan di sini yang akan berakhir sama. Kita hanya bicara soal desain secara visual saja, tetapi tantangan seperti apa yang akan Anda hadapi di dalamnya. Hasilnya? Sebuah pengalaman platformer yang fantastis. MagiCat mungkin hanya bisa menembak dan melompat, namun desain yang ditawarkan di setiap level yang ada akan membuat dua hal yang bisa ia lakukan ini diuji ke batas paling optimal.

Setiap level punya mekanik tersendiri, membuatnya tak repetitif.
Dari kemampuan keluar dari tubuh hingga kekuatan semacam grappling hook.

Dan ketika kami berbicara soal desain cerdas ini, kami tidak melebih-lebihkan. Hampir semua level yang akan Anda hadapi akan punya mekanik tersendiri, yang secara mengejutkan, butuh lebih dari sekedar koordinasi mata dan tangan, tetapi juga otak yang berputar. Ada level yang membutuhkan untuk berstrategi dengan memilih pintu warna mana yang dibuka untuk bergerak ke lokasi selanjutnya, ada level dimana Anda punya kemampuan untuk menciptakan es yang dijadikan platform untuk melompat, level dimana Anda harus melemparkan secara presisi kemampuan grapling hook Anda, level dimana Anda harus bertarung sepenuhnya di dalam air, hingga level dimana Anda butuh untuk melompat di atas pendulum yang mengayun kencang untuk bisa melompati sebuah platform tinggi. Bahkan, Anda akan bertemu dengan level dimana pertempuran boss akan ditentukan oleh seberapa baik Anda memanipulasi kemampuan musuh di ruang yang sama, dengan menganulir kemampuan Anda menyerang. Secerdas itu.

Percaya atau tidak, puzzle menjadi bagian dari desain level MagiCat, sebuah pendekatan yang membuatnya berakhir jadi game platformer yang tak hanya berujung pada sekedar melompat dan menembak saja. Walaupun tidak selalu digunakan untuk “menghalangi” progress cerita Anda, namun ada lapisan mekanik di sana yang membuat Anda terkadang harus berhenti, berpikir, dan merencanakan apa yang ingin Anda lakukan. Apalagi setiap level juga memuat sebuah reward lain berbentuk permata merah yang walaupun tidak wajib dikumpulkan, namun akan membantu mempermudah perjalanan Anda. Begitu berharganya resource ini, hingga ia selalu dipenuhi puzzle di tiap level untuk bisa diraih dan diambil. Ekstra kerja untuk otak Anda di luar kesibukan mata dan tangan yang sudah dituntut untuk berkonsentrasi lebih.

Ada boss yang hanya bisa disakiti dengan serangan musuh lain.
Ragam puzzle yang ia tawarkan akan menuntut otak Anda berputar.

Kerennya lagi? MagiCat juga memperlihatkan jati dirinya sebagai seekor kucing yang bukan sekedar kucing biasa. Di sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan resource berupa botol mana yang bisa Anda ambil dan berkontribusi pada resource magic yang bisa Anda gunakan. Dengan mengorbankan sejumlah mana tersebut, MagiCat bisa mengakses kemampuan spesial. Di awal, ia hanya bisa melakukan dash untuk bergerak cepat dan menghasilkan damage ke musuh yang ia lewati. Namun seiring perjalanan, dengan lebih banyak kemampuan yang Anda dapatkan, mana ini akan bisa digunakan untuk beragam kemampuan yang lain, termasuk untuk memulihkan HP MagiCat ini sendiri.

Maka dengan semua hal yang ia tawarkan saat ini, MagiCat adalah sebuah kejutan yang memuaskan kami sebagai sebuah game platformer yang tak sekedar solid, namun menegangkan, kreatif, dan cerdas di saat yang sama. Sebuah game yang seperti halnya game platformer pada umumnya, membutuhkan presisi gerak yang tinggi. Namun di sisi lain, juga menuntut otak Anda untuk berpikir matang sebelum melakukannya. Tingkat kesulitan yang dikombinasikan oleh desain seperti ini siap untuk membuat Anda frustrasi jika Anda tidak hati-hati “menanganinya”.

Penghargaan dan Hukuman
Salah satu hal yang juga membuat kami jatuh cinta dari MagiCat adalah kemampuannya menawarkan konsep penghargaan dan konsekuensi dengan sangat baik. Ia mungkin bisa disederhanakan sebagai “rahasia”, namun pada akhirnya, game ini berakhir dengan sistem yang akan membuat setiap ekstra kerja keras Anda di luar aksi utama yang direncanakan, akan terasa memberikan penghargaan yang memuaskan. Dua contoh utamanya tercermin lewat hadirnya dua konsep: permata merah dan desain dunia utamanya.

Permata Merah yang Anda temukan di setiap level memang bukan barang wajib untuk dimiliki. Ia sama sekali tidak dipengaruhi atau akan mempengaruhi cerita utama Anda. Namun ketika progress cerita Anda mulai berjalan, Anda akan mulai sadar bahwa resource yang satu ini ternyata esensial. Benar sekali, berperan sebagai mata uang, Anda bisa menggunakan permata merah ini untuk membeli rangkaian kemampuan MagiCat dan perlengkapan yang akan membantu perjalanan Anda. Semakin banyak permata merah yang Anda kumpulkan, semakin banyak item dan skill yang Anda beli, semakin bisa diandalkan pula si MagiCat ini. Namun, mengumpulkan permata merah ini sendiri bukan pekerjaan mudah. Hampir di semua level yang ada, ia “dikunci” di balik puzzle ekstra yang akan membutuhkan Anda untuk berpikir ekstra. Bahkan, terkadang ada mekanik utama yang tidak bisa diulang. Jadi begitu Anda salah langkah, Anda harus mengulang level lagi untuk bisa menyelesaikan puzzle dan mendapatkan permata merah ini.

“Mempersulit diri sendiri” dengan mengumpulkan permata merah di tiap level akan memungkinkan Anda membeli item dan skill lebih banyak.
Ada beberapa area bernama “Pond” yang akan memperkuat Magicat atau mengubah warnanya.

Sistem reward ini juga didesain baik di mekanisme pemilihan level yang ada. Terkadang terkait dengan kemampuan yang mungkin Anda beli / tidak beli di toko dengan menggunakan permata merah, dunia ini juga memuat beragam “Secret Pond” yang biasanya baru bisa dibuka setelah Anda menyelesaikan beragam level yang berada di garis jalan yang serupa. Ia akan berisi kesempatan untuk mengubah warna MagiCat, sekaligus memperkuat dan memperbesar serangan proyektil miliknya untuk kemampuan serang yang lebih efektif. Mengejar Secret Pond akan jadi misi “sampingan” yang menarik untuk dikejar di game ini, sekaligus membuat Anda mau tak mau, berakhir berusaha menyelesaikan beragam level yang mungkin sempat Anda lewatkan.

Namun tak sekedar reward saja, MagiCat juga mengeksekusi konsep konsekuensi dengan cukup baik. Setidaknya berpusat pada kematian yang pasti Anda alami ketika berusaha menyelesaikan level yang ada. Alih-alih menyederhanakannya sekedar dalam jumlah nyawa yang bisa Anda akses sebelum Game Over, MagiCat menawarkan resource langka lain yang disebut sebagai “PAWS” alias telapak kaki kucing. Anda bisa mendapatkan jumlah PAWS lewat ragam aktivitas, namun fungsinya lah yang akan membuatnya begitu berharga.

Ia mengusung konsep reward dan punishment yang pantas diacungi jempol.

Jika Anda memiliki jumlah PAWS yang cukup, Anda bisa langsung melanjutkan permainan dari posisi Anda mati, seperti sebuah Continue. Namun jumlah PAWS yang harus “ditebus” ini akan bertambah dua kali lipat setiap kali Anda mati, dari 2,4,8, dan kemudian 16. Begitu jumlah PAWS Anda tidak cukup, mau tidak mau, Anda harus mengulang level dari awal dengan angka PAWS terakhir dimana Anda pertama kali memasuki level tersebut. Percaya atau tidak, ini menghasilkan dinamika gameplay yang cukup unik. Terkadang, Anda harus memutuskan apakah level, terutama jika sulit, memang pantas diselesaikan dengan berkurangnya jumlah PAWS yang Anda tempuh. Ataukah lebih pantas jika Anda mengulang dari awal dan menyimpan PAWS untuk level selanjutnya yang bisa berakhir lebih menantang? Hal sama juga terjadi dengan pertempuran boss, dimana terkadang, lebih rasional untuk mengorbankan jumlah PAWS untuk menghabisi mereka.

Melihat bahwa game “sesederhana” MagiCat dari sisi visual, punya mekanik seperti ini dan didistribusikan dalam format yang cukup seimbang, kami sendiri cukup terpesona dengannya.

Kesimpulan

MagiCat adalah sebuah karya platformer anak bangsa yang pantas untuk dilirik. Dengan harga “hanya” sekitar 70 ribu Rupiah di Steam, sulit membayangkan bahwa kualitas seperti ini berasal dari tangan dingin satu orang saja. Kami sangat merekomendasinnya untuk Anda coba dan taklukkan langsung. Fantastis!

Sebuah kejutan yang luar biasa, tidak ada lagi kata yang tepat untuk menjelaskan MagiCat. Berangkat tanpa ekspektasi karena stigma dari kualitas visual yang terlihat sederhana, kami berhadapan dengan sebuah game platformer yang pantas untuk diacungi jempol. Bahwa ia menawarkan sebuah game yang tidak sekedar meminta Anda untuk memiliki koordinasi mata dan tangan yang baik saja, tetapi juga otak yang “sehat”. Desain level yang selalu berbeda dan memuat mekanik unik di dalamnya menghasilkan pengalaman unik yang tidak pernah serupa satu sama lain, membuatnya punya tantangan yang secara konsisten hadir. Kualitas yang hingga membuat kami sebenarnya, tak punya kekurangan untuk dibicarakan.

Namun jika harus memilih satu hal yang menurut kami cukup kurang, adalah presentasi dari karakter MagiCat itu sendiri. Agak sedikit menyedihkan bahwa desain super imut dengan dunia yang fantastis ini minim efek suara kucing itu sendiri, untuk setidaknya memberikan lapisan kepribadian tersendiri bagi si karakter utama. Bagi kami pribadi, menambahkan sekedar suara “meow” kucing dalam beragam variasi untuk mengekspresikan rasa sedih, takut, marah, atau gembira untuk karakter MagiCat ini akan membuatnya berakhir lebih fantastis dan imut di saat yang sama. Namun tentu saja, itu keluhan minim yang tak berpengaruh pada gameplay.

Di luar kelemahan itu, MagiCat adalah sebuah karya platformer anak bangsa yang pantas untuk dilirik. Dengan harga “hanya” sekitar 70 ribu Rupiah di Steam, sulit membayangkan bahwa kualitas seperti ini berasal dari tangan dingin satu orang saja. Kami sangat merekomendasinnya untuk Anda coba dan taklukkan langsung. Fantastis!

Kelebihan

Anda tidak akan menemukan level yang serupa di game ini!

– MagiCat yang imut
– Desain level yang cerdas
– Desain pemilihan level yang terbuka
– Sistem reward dan punishment yang seimbang
– Tidak repetitif

Kekurangan

Butuh suara “meow” imut yang sesungguhnya!
  • Butuh suara “meow” untuk membuat karakter terasa punya kepribadian
  • Tidak nyaman dimainkan dengan keyboard

 

Cocok untuk gamer: yang mencintai genre platformer, butuh game menantang

Tidak cocok untuk gamer: yang merasa bahwa visual adalah segalanya, mudah merasa frustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Cinta – Ini 5 Ciri Mantan Pacar Masih Sayang!

7 Kalimat ini Nyelekit Banget di Hati Daripada Pertanyaan ‘Kapan Nikah?’