in

Detik-detik Puting Beliung Luluhlantakkan Ratusan Rumah di Rancaekek

NgakakOnline – Angin puting beliung meluluhlantakkan ratusan rumah yang ada di enam desa di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Beruntung kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Angin puting beliung yang terjadi, Jumat (11/1/2019) sore, salah satunya merusak rumah milik janda bernama Nafsiyah (67), yang merupakan warga Perumahan Kencana 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek.

Pantauan detikcom, Sabtu (12/1/2019) rumah yang ditinggali seorang diri oleh Nafsiyah, mengalami kerusakan yang cukup parah. Atap rumah miliknya Nafsiyah roboh akibat tersapu angin. Selain itu, barang-barang yang ada di dalam rumahnya seperti alat dapur, kursi, lemari, lukisan, rusak berserakan.

Nafsiyah menuturkan kejadian bencana alam ini terjadi pada sore hari, saat dirinya sedang memasak di dapur rumahnya.

“Pas kejadian, saya sedang masak mendengar ada riuh-riuh diluar. Saya lari, ternyata tetangga saya sudah melihat pusaran angin di atas langit,” kata Nafsiyah, ditemui di rumahnya.

Nafsiyah, dan warga lainnya langsung berlari ke arah masjid untuk menyelamatkan diri. Pada waktu kejadian, dirimya melihat pusarang angin yang membawa sampah.

“Banyak yang bertebaran, sampah dan segala macem termasuk puing-puing bangunan. Saya lari, sebelumnya matiin dulu kompor, langsung cari perlindungan cari lahan luas, ternyata angin mengikuti dan saya ke masjid dan balik lagi ke rumah, saya gendong cucu, saya lemes melihatnya,” ungkapnya.

Dalam kondisi pakaian basah kuyup, karena pasca kejadian puting beliung terjadi hujan, Nafsiyah kembali lagi ke rumahnya untuk mengganti pakaian. Namun nahhas, saat membuka pintu rumahnya sudah rusak akibat tersapu angin puting beliung.

“Saya mau ganti baju, buka pintu rumah saya kondisinya sudah seperti ini. Sudah hancur semua,” jelasnya.

Akibat kejadian ini, hanya atap kamar rumah Nafsiyah yang tidak rusak. Namun tetap saja atap kamarnya bocor sehingga tidak bisa ditinggali. Ia pun kini mengungsi ke rumah anaknya yang masih satu kompleks.

“Saya tidur di anak saya, anak saya beda blok tapi tidak kena. Jadi tidur di sana di Blok D, ini Blok B, barusan saya pulang lagi ke sini,” ujarnya.

Menurutnya, hamir 90 persen rumahnya rusak dan tidak dapat ditinggali. “Kerusakan 90 persenan, di kamar juga oara bocor, rusak semua, di depan habis juga tidak ada yang bisa digunakan dan harus diperbaiki,” katanya.

Sementara itu, warga lainnya Fifit (45) mengatakan, ada dua pusaran angin pada waktu kejadian. Pusaran angin pertama tidak terkalu besar dan pusaran angin kedua terjadi cukup besar dan merusak rumah warga.

“Anginnya dua kali, angin yang pertama enggak merusak. Rumah warga banyak yang rusak pas angin kedua, puing-puing bangunan tersapu angin dan setelah itu langsung berserakan,” jelasnya.

Warga lainnya, Iman (36) berujar sebelum merusak rumah warga, pusaran angin sudah terlihat dari jauh dan menyodot air di pesawahan lalu mengarah ke pemukiman. “Durasinya sekitar lima menit dari mulai muncul pusaran angin sampai menghancurkan rumah warga. Alhamdullilah saya dan keluarga selamat,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada waktu kejadian warga belarian menyelamatkan diri ke tanah lapang. “Pokoknya kami mencari lapangan, yang tidak ada bangunan. Jelas sekali saat angin merusak rumah warga,” pungkasnya.

Sumber: Detik

Baca juga artikel viral lainnya:

Sempat Viral, Alasan Mempelai Wanita Minta Pulang saat Resepsi

Deasy Wanita Minahasa Dimangsa Buaya Peliharaan Bos

 Foto Urat Berlafadz Allah di Dahinya jadi Viral, Sandiaga Uno Beri Respon

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa susbcribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Dikirim oleh Ngakak Online pada Kamis, 17 Mei 2018

Kunjungi juga gambarlucu.biz


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

wanita

Sempat Viral, Alasan Mempelai Wanita Minta Pulang saat Resepsi

Makan

Video Pemaksaan Makan Layaknya Hewan Beredar dan Viral