in ,

Inilah Proses Pemakaman Jenazah BJ Habibie

NgakakOnline.id – Jenazah Presiden ke-3 RI BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan pada kamis siang. Proses pemakaman jenazah akan dilakukan secara militer. Upacara pemakaman akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. 

Rangkaian proses pemakaman akan dimulai dari rumah duka jalan Patra Kuningan XIII/3, Jakarta Selatan melalui upacara penyerahan jenazah dari keluarga kepada pemerintah. Kemudian pada pukul 13.00 WIB Jenazah dibawa menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk dilanjutkan prosesi Upacara pemakaman. 

Diketahui menurut keterangan dalam konferensi pers yang disampaikan oleh putra BJ Habibie. Presiden ke-3 RI ini wafat pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB setelah sempat dirawat sepekan di RSPAD Gatot Soebroto. Thareq Kemal Habibie mengungkapkan jantung sang ayah menyerah karena penuaan.

Jenazah Almarhum BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan tepat di samping makam sang istri, Ainun Habibie. Upacara akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Pemerintah juga menetapkan tanggal 12 hingga 14 September adalah hari berkabung nasional, dan dihimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari. 

Proses pemakaman jenazah
                                                       Image Source : cdn2.tstatic.net

Jenazah Almarhum diangkut oleh 8 orang personel TNI dan Polri. Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan 3 kepala staf angkatan TNI, yakni KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, serta KSAU Marsekal Yuyu Sutisna. Deruan drumband mengiringi kedatangan jenazah saat dibawa masuk ke komplek pemakaman. Turut dibacakan pula perjalanan hidup, bintang jasa dan tanda kehormatan yang diterima selama masa hidupnya. 

Saat jenazah diturunkan ke liang lahat, bendera Merah Putih dibentangkan setinggi dada. Kedua putra Habibie Ilham dan Thareq ikut membantu proses penurunan jenazah. Penghormatan terakhir ditandai dengan tembakan salvo ke udara. Sebelum liang lahat ditutup seluruh keluarga melakukan tabur bunga diiringi lagu “Gugur Bunga” yang menambah haru selama proses pemakaman jenazah.

Pada prosesi pemakaman tampak sejumlah tokoh Negara yang ikut hadir mengiringi proses pemakaman jenazah bapak teknologi Indonesia. Diantaranya adalah Wapres Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri, dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca juga artikel lainnya : 

BJ Habibie Meninggal, Ratusan Siswa SD Terbangkan Pesawat Kertas

Keluarga Ungkap Detik-detik BJ Habibie Meninggal Dunia, Pergi dengan Tenang, Diiringi Doa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

BJ Habibie Meninggal, Ratusan Siswa SD Terbangkan Pesawat Kertas

BJ Habibie Meninggal, Ratusan Siswa SD Terbangkan Pesawat Kertas

Cara Mendidik Anak Orang tua BJ Habibie, Sehingga Jadi Anak Jenius & Sangat Sederhana

Cara Mendidik Anak Orang tua BJ Habibie, Sehingga Jadi Anak Jenius & Sangat Sederhana