in

Pesan Presiden Jokowi pada Peringatan Hari Santri Nasional 2018

NgakakOnline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan peringatan Hari Santri pada 22 Oktober merupakan penghormatan Negara Indonesia kepada para santri di tanah air. Dilansir dari Sekretariat Kabinet RI, Senin (22/10/2018), hal itu diungkapkan Jokowi saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018, di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/10/2018) malam.

Jokowi mengatakan peran besar ulama dan santri dalam Kemerdekaan Indonesia yakni menjaga ke arah jalan kebenaran dan kemajuan.

“Sejarah telah mencatat peran besar para ulama dan santri dalam masa perjuangan kemerdekaan, dalam menjaga NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika yang selalu menjaga ke jalan kebenaran dan ke jalan kemajuan,” kata Jokowi.

Tak hanya, santri dan para ulama, rasa penghargaan ini juga ditunjukkan kepada para kiai, para habaib, para ajengan, dan seluruh komponen bangsa yang mengikuti teladan para alim ulama, para habaib, para ajengan, para kiai. Jokowi menegaskan, menjadi santri adalah menjadi muslim yang mencintai bangsa dan negara.

Lanjutnya Jokowi mengungkapkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan rumah bagi semua dan perlu dijaga bersama.

“Kita harus menyadari itu sekali lagi bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia ini adalah rumah kita sendiri yang perlu terus kita rawat, yang perlu terus kita jaga,” tuturnya.

Jokowi kembali menasihati agar masyarakat senantiasa bersyukur Indonesia menjadi negara yang dipandu oleh tradisi santri.

“Kita patut bersyukur bahwa Bangsa Indonesia dipandu oleh tradisi kesantrian yang kuat, tradisi penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada sesama, menjunjung tinggi prinsip hablumminallah dan hablumminannas,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan patutnya semua golongan rakyat bersyukur Indonesia menjadi negara besar yang memiliki budaya, tradisi, suku yang beragam.

Oleh karena itu, Jokowi berharap perbedaan ini tidak boleh dijadikan pemecah belah negara.

“Ini semua adalah anugerah dari Allah yang diberikan kepada kita Bangsa Indonesia. Jangan sampai perbedaan-perbedaan itu memecah kita,” ucap Jokowi.

Dalam kesempatan itu Jokowi terlihat mengenakan bawahan busana sarung dan berjas warna biru serta peci di kepalanya. Acara tersebut dihadiri oleh ribuan santri yang memadati Lapangan Gasibu. Sebelum memasuki lapangan, para santri yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat, melakukan kirab pawai melintasi beberapa jalan.

Acara hari santri ini juga dimeriahkan oleh penampilan grup musik gambus, Sabyan. Turut hadir menemani Jokowi, yakni Seskab Pramonmo Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, dan Wali Kota Bandung Oded M Danial. (TribunWow.com/ Roifah Dzatu Azmah)

Sumber : tribunnews.com

RECOMMENDED

Sisi Lain Ma’ruf Amin, Mulai dari Suka Nonton Film Hingga Sepakbola

Seperti di Sunat Jin, Kulup Bocah Probolinggo Hebohkan Warga

Menjijikkan, Tanpa Sadar Kamu Bisa Membawa 7 Hal Ini ke Tempat Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

10 Inspirasi Gaya Minimalis, Bisa Manfaatkan Baju yang Ada di Lemari!

Todd Rivaldo Ferre, si Mungil Lincah Pencetak Hattrick ke Gawang Qatar