in

Perpustakaan Tanoh Abee Merupakan Perpustakaan Islam di Nusantara dan Juga Tertua di Asia Tenggara

NgakakOnline.id – Perpustakaan ini terletak di Desa Tanoh Abee, tepatnya di kaki Gunung Seulawah, Kecamatan Seulimum, Kabupaten Aceh Besar, yang berjarak sekitar 42 kilometer dari Banda Aceh.Bangunan Perpustakaan Tanoh Abee pun terlihat sangat sederhana. Seluruhnya terbuat dari kayu, dengan rak-rak buku apa adanya. Buku-bukunya pun kebanyakan juga berusia cukup tua dan diperlukan kehati-hatian untuk menyentuh juga membacanya.

Melalui Sportourism disebut bahwa hasil penelitian Arkeologi Islam Indonesia menuturkan jika Perpustakaan Tanoh Abee merupakan satu-satunya perpustakaan Islam di Nusantara juga yang tertua di Asia Tenggara. Catatan yang dikutip menyampaikan bahwa pembangunan perpustakaan ini berbarengan dengan pendirian pesantren oleh seorang ulama asal Irak yang datang ke Aceh pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda yakni 1607-1636 M.Selama 400 tahun disebut bahwa perpustakaan ini dikelola oleh keluarga pendiri pesantren secara turun-temurun, yang saat ini diketahui dikelola oleh generasi kesembilan.

Baca Juga

Rumah Pohon Willow Treehouse Tempat Penginapan yang Pas untuk Traveler

Perpustakaan Tanoh Abee pernah mencapai puncak keemasannnya saat berada di tangan Syekh Abdul Wahab, yang juga dikenal sebagai Teungku Chik Tanoh Abee. Syekh Abdul Wahab rela mengabdikan hidupnya demi perpustakaan tersebut. Ia bahkan memiliki keinginan mulia untuk membangun sebuah perpustakaan Islam yang terbesar di Asia Tenggara, yang kelak dapat menjadi tujuan para santri dari berbagai negara.

Hingga kemudian memasuki akhir abad ke-18, tercatat sekitar 10 ribu buku tersimpan di perpustakaan tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, koleksi buku tersebut menjadi rusak dan tidak terawat, hingga saat ini ialah 3000 buku.

Di sisi lain, keturunan Fairus Al-Baghdadi juga masih memegang nasehat para leluhur yang menyampaikan untuk tidak membaca kitab-kitab tertentu yang tersedia di sana. Bahkan ada pula beberapa kitab yang rupanya sama sekali tidak boleh disentuh. Perpustakaan Tanoh Abee pun nampaknya menjadi salah satu perpustakaan yang populer di kalangan sarjana Islam dari berbagai negara. Hal tersebut terlihat dari buku tamu yang tersimpan di rumah pengelola.

Sumber: goodnewsfromindonesia

RECOMMENDED

Museum Kematian di Universitas Airlangga Mengubah Hal Mistis Menjadi Sisi Edukasi Budaya dan Ilmiah

Menara Pandang Tele Merupakan Lokasi Terbaik untuk Menikmati Eksotisme Danau Toba

Kota Ini Menjadi Kota yang Paling Tenang di Dunia

Menara Batu Totem Pole Keajaiban Alam yang Melengkapi Keindahan Tasmania

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa suscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Kreatif Seorang Ayah dan Ilustrator Memotret Putrinya lalu diolah Ke Bentuk Digital

Fenomena Karoshi di Jepang yang Mengakibatkan Pekerja Meninggal Dunia karena Kelelahan Bekerja