in ,

Kamu Wajib Tahu! Mengapa Orang Suka Mencium Aroma Buku

Mencium Aroma Buku

NgakakOnline.id – Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan, gambar. Banyak buku yang bisa warga Ngakak temui saat ini. Buku merupakan jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk menambah ilmu pengetahuan. Berbicara mengenai buku, pastinya salah satu dari kalian pernah mencium aroma buku.

Tapi tahukah kamu mengapa orang suka mencium aroma buku? tanpa kita sadari, hal ini sering kita lakukan ketika membeli buku dan membukanya. Aroma ini ternyata memiliki nama juga loh, namanya adalah  bibliosmia yang dalam bahasa Yunani berarti bau atau aroma buku.

Aroma buku yang khas ini berasal dari aroma kayu yang tercampur dengan berbagai senyawa kimia yang terurai dalam proses pembuatan kertas. Selain itu aroma tinta juga bisa tercium dari buku-buku baru.

Hal inilah yang membuat penelitian dilakukan di University College London, Inggris menemuan kalau setiap orang menggambarkan aroma buku dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang menggambarkan aroma buku seperti kayu, cokelat, kopi, vanilla, dan lain-lain. Namun, semua setuju kalau aroma buku sangat enak untuk dicium.

Kenapa kita suka mencium aroma buku?

Mencium Aroma Buku
Source : media3

Menurut The American Journal of Psychology, aroma atau bau erat kaitannya dengan memori  seseorang yang bisa memicu emosi. Kaitan inilah yang membuat aroma bibiliosmia begitu menarik. Saat mencium aroma buku, kita akan terbawa kembali ke ingatan tertentu, seperti masa kecil kita, misalnya, atau memori tertentu yang kita punya dengan buku tersebut.

Hal ini juga dikatakan oleh George Gissing yang merupakan penulis asal inggris, pernah mengatakan: “Saya bisa membedakan semua buku saya melalui baunya, dan saya hanya butuh mencium halaman-halaman buku itu untuk mengingat segala macam kenangan”.

Hal inilah yang membuat buku fisik tidak akan semudah itu digantikan sama e-book. Menurut survey yang dilakukan oleh Reading Habits di inggris, sebanyak 76% orang masih memilih buku tradisional, 14% memilih netral, dan hanya 10% orang yang lebih  memilih e-book.

Nantikan artikel fakta unik lainnya dari Ngakak Online ya. Pastinya akan membahas hal unik dan menambah pengetahuan kamu

Artis “Wikwik”, Maria Ozawa Bangga Jadi Suporter Timnas

Menelusuri Kisah Mak Erot, Legenda Pembesar Alat Vital Pria

Yuk follow juga akun instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

(Visited 25 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Kok Tega Ya? Youtuber ini Prank Ojol Bikin Geram Netizen

Ledakan di monas

Ledakan di Monas Dilaporkan Melukai Dua Anggota TNI