in

Mengalami Lidah Pahit Saat Bangun Pagi? Berikut Penjelasannya

NgakakOnline.id – Pernah gak saat bangun pagi kamu mendapati lidahmu terasa pahit? Rasanya gak enak banget. Rasanya ingin lekas minum air putih atau sarapan sekalian.

Tahu gak sih, bisa jadi lidah pahit itu adalah indikasi adanya masalah dalam tubuhmu. Untuk itu, yuk kenali alasan lidahmu terasa pahit agar kamu bisa tahu cara menanganinya.

1. Asam lambung yang naik atau disebut gastro eshophageal refluks disease (GERD) karena makan terlalu banyak, pedas dan di waktu yang gak tepat

Lidah yang pahit erat kaitannya dengan asam lambung yang naik. Penyebabnya adalah konsumsi makanan berlebihan, terlalu pedas dan di saat yang gak tepat. Kadang juga bisa karena kamu mengalami stres. Selain terasa pahit, kadang mulutmu pun berbau gak sedap.

2. Lupa gosok gigi sebelum tidur

Gosok gigi sebelum tidur adalah hal yang sangat penting. Selain mencegah gigi berlubang juga berguna agar lidah dan mulutmu gak terasa pahit saat bangun tidur. Tentu saja penyebabnya adalah penumpukan bakteri dan kuman di mulut semalaman.

Perkembangannya sangat cepat. Itu karena rongga mulut yang hangat dan lembap adalah tempat terbaik mikroba untuk tumbuh dengan cepat. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk gosok gigi malam ya!

3. Kurang vitamin B-12 dan zink

Vitamin sangat berguna bagi tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan dan membuat organ tubuh berfungsi sebagai mana mestinya. Adapun, kurangnya konsumsi vitamin B-12 dan zink (seng) membuat lidah terasa pahit dan mulut beraroma gak sedap.

4. Perubahan hormon karena haid atau hamil

Perubahan hormon estrogen, baik naik atau turun, menyebabkan lidah terasa pahit. Biasanya ini terjadi saat wanita sedang haid atau hamil. Pada wanita hamil juga bisa disebabkan oleh morning sickness sehingga mengalami mual dan muntah-muntah.

Sisa muntah inilah yang berkumpul di lidah dan mulut sehingga terasa pahit. Hal ini bisa semakin buruk apabila kurang minum atau dehidrasi.

5. Konsumsi obat sebelum tidur

Konsumsi obat-obatan tertentu saat kamu sakit bisa menyebabkan lidahmu terasa sakit. Hal itu karena obat-obatan tersebut membuat mulutmu kering sehingga memengaruhi rasa yang lidahmu rasakan.

Mau gak mau kamu perlu lekas sembuh untuk menghindari efek samping dari obat-obatan ini. Bisa juga dengan perbanyak minum air putih.

6. Kamu mengalami flu atau radang

Dilansir dari jurnal Brain, Behavior, and Immunity, indra pengecap jadi lebih peka dan terasa pahit saat kamu mengalami infeksi dan peradangan, seperti infeksi virus influenza atau radang tenggorokan. Hal itu membuat kadar protein (TNF-α) dalam tubuhmu meningkat. Protein tersebut diperlukan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakitmu.

7. Terlalu sensitif terhadap senyawa pahit phenylthiocarbamide (PTC)

Tahukah kamu bahwa beberapa orang di dunia ini memiliki sensitivitas berlebih terhadap rasa pahit? Orang dengan kondisi tersebut sangat sedikit.

Perbandingannya 1 banding 10 ribu. Coba cek, siapa tahu kamu salah satu di antaranya.

Ada banyak cara untuk mengurangi rasa pahit lidah yang kamu alami. Beberapa di antaranya dengan minum air putih, makan makanan bergizi dan menambahkan rempah-rempah pada makananmu. Bisa juga dengan makan jeruk loh! Jangan biarkan kamu tersiksa dengan lidah pahitmu ya!

Sumber : idntimes.com

RECOMMENDED

Jago Bersilat Lidah, 5 Zodiak Ini Katanya Pinter Banget Bohong

Penjual Tahu Necis Berdasi yang Jadi Idola Emak-emak

Foto yang Diambil pada Tahun 1943 ini Bikin Geger Jagad Maya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Girl, Ini 5 Tanda Sebenarnya Mantan Belum Bisa Move on dari Kamu

Menjijikkan, Tanpa Sadar Kamu Bisa Membawa 7 Hal Ini ke Tempat Tidur