in

Menebak Jenis Penyakit dari Warna Kuku Jari Kaki

NgakakOnline.id – Kuku kaki adalah cerminan kesehatan tubuh. Rupa kuku bisa menjadi gudang informasi mengenai kesehatan tubuh. Tak sedikit warna kuku menandakan adanya infeksi bakteri atau cedera. Salah satunya bisa dilihat dari perubahan warna kuku. Pasalnya, warna kuku bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan.

“Kuku yang sehat akan berwarna merah jambu atau merah muda,” ujar ahli podiatrik, Dana Canuso, melansir Men’s Health. Di luar itu, warna kuku di luar itu jadi pertanda gangguan kesehatan.

Berikut beberapa tanda gangguan kesehatan yang nampak dari warna kuku jari pada kaki.

1. Ungu

Warna ungu pada kuku kaki disebabkan oleh hematoma subungual. Nama terakhir ini merupakan kondisi penggumpalan darah di luar area pembuluh darah.”Ini disebabkan oleh trauma pada kuku seperti tertimpa benda berat,” ujar ahli podiatrik lainnya, Miguel Cunha. Ada dua opsi yang bisa Anda lakukan ketika memar terjadi. Pertama adalah membiarkan kuku untuk tumbuh kembali.

Namun, opsi itu memakan waktu cukup lama lantaran kuku jari kaki hanya tumbuh satu milimeter per bulan. Kedua adalah meminta dokter untuk melakukan pengangkatan kuku. “Pilihan ini diperlukan jika kuku terasa nyeri,” ujar Cunha. Selain itu, kuku berwarna ungu juga bisa menandakan masalah sirkulasi yang menyebabkan kurangnya oksigen.

2. Kuning atau kecokelatan

Kuku kaki kuning atau kecokelatan bisa disebabkan oleh masalah pada sistem pernapasan. Namun, dalam beberapa kasus, kuku kuning juga terjadi akibat komplikasi diabetes dan jamur kuku. Kuku berwarna kuning atau kecokelatan yang disebabkan jamur akan terlihat lebih tebal dan rapuh. “Ini disebabkan karena jamur menginfeksi kuku. Jamur biasanya berkembang dalam lingkungan gelap, hangat, dan lembap,” ujar Cunha.

Jamur bisa muncul akibat pemakaian sepatu bersuhu udara lembap atau mengenakan sepatu terlalu lama. “Bagian dalam sepatu adalah lingkungan yang sempurna untuk jamur,” kata Cunha.Perawatan untuk kondisi ini sangat bergantung pada tingkat keparahan infeksi. Dokter umumnya akan melakukan biopsi kuku untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Selain itu, perawatan laser kuku juga bisa jadi alternatif. Melalui cahaya, jamur bisa ‘terbunuh’ tanpa menyebabkan kerusakan pada kuku atau jaringan di sekitarnya.

3. Muncul bagian kecil berwarna putih

Leukonychia atau bagian kecil berwarna putih pada kuku kaki dapat menunjukkan beberapa kondisi. “Itu dapat muncul jika ada tekanan berulang atau trauma pada kuku. Misal, jika pelari memakai sepatu terlalu kecil,” kata Cunha. Jika bagian putih itu disebabkan oleh cedera, Anda bisa mengonsumsi vitamin seperti biotin yang mampu menyehatkan kuku. Selain itu, leukonychia juga bisa terjadi karena kekurangan zinc. Hal itu bisa menjadi pertanda anemia atau kekurangan protein dalam tubuh.

4. Hitam

Trauma adalah alasan paling umum kuku jari kaki berwarna hitam. Jika itu terjadi, Anda harus menunggu seluruh kuku tumbuh kembali yang bisa memakan waktu selama enam hingga sembilan bulan. Selain itu, kuku hitam juga menjadi pertanda adanya kondisi medis serius seperti endokarditis atau melanoma yang merupakan kanker kulit berbahaya. Melanoma pada kuku umumnya menyebabkan perubahan warna kuku berupa garis tebal berwarna hitam dan cokelat

Sumber : cnnindonesia.com

RECOMMENDED

Sarung Unik Untuk Hidung yang Akan Buat Kamu Hangat

Inilah 5 Orang yang Punya Bentuk Anggota Tubuh Tak Biasa

Penjual Tahu Necis Berdasi yang Jadi Idola Emak-emak

 

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa subscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Khasiat dari Air Tebu yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Jago Bersilat Lidah, 5 Zodiak Ini Katanya Pinter Banget Bohong