in

Malas Ikut Acara Keluarga? Hati-Hati, Bisa Jadi Tanda Fobia Sosial Loh

Ngakakonline.id – Mungkin Anda salah satu orang yang tidak suka saat diajak orangtua menghadiri acara keluarga, sebut saja arisan atau pertemuan keluarga. Ada banyak alasan yang membuat Anda merasa ogah datang ke acara keluarga.

Pertanyaan-pertanyaan yang membuat Anda tidak nyaman menjadi salah satu alasannya. Seperti; “Kapan nikah?”. Ya, mungkin juga ada alasan lain yang membuat Anda mengeluarkan seribu satu alasan untuk tidak menghadiri acara keluarga tersebut.

Tapi, apakah Anda tahu bahwa itu ternyata bagian dalam masalah kecemasan? Seperti dikutip dari Bustle, menurut Social Anxiety Institute, gangguan kecemasan sosial atau yang biasa dikenal dengan fobia sosial adalah masalah mental ketiga terbesar yang dialami orang Amerika Serikat.

Fobia sosial, adalah rasa ketakutan ekstrem dalam situasi sosial atau yang melibatkan performa tertentu, terutama situasi yang sama sekali asing atau di mana Anda merasa akan diawasi atau dievaluasi oleh orang lain.

Dasar dari gangguan kecemasan sosial atau fobia sosial adalah ketakutan akan diamati, dinilai oleh mata publik, atau memalukan diri sendiri di depan umum. Anda mungkin takut bahwa orang akan berpikir buruk tentang Anda atau bahwa Anda tidak akan tampil/bekerja sebaik yang diharapkan atau setara dengan orang lain.

Malas Ikut Acara Keluarga? Hati-Hati, Bisa Jadi Tanda Fobia Sosial Loh

Anda mungkin berpikiran bahwa fobia sosial hanya terjadi pada lingkungan yang tidak dikenal seperti pesta atau acara-acara yang mengharuskan Anda membaur dengan orang asing. Padahal, menolak datang ke arisan keluarga atau acara keluarga lainnya pun tergolong dalam masalah ini.

Dijelaskan Direktur Klinis New Method Wellness DeAnna Jordan, kecemasan sosial lebih umum terjadi pada orang-orang yang introvert bahkan dialami banyak orang di seluruh dunia.

Salah satu alasan munculnya masalah ini adalah ketakutan masa lalu atau pemikiran yang terdistorsi tentang apa yang dipikirkan orang lain. “Kecemasan sosial lebih tentang rasa takut berada di sekitar kelompok orang,” kata Jordan kepada Bustle.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa kecemasan sosial tidak dapat “dimatikan” dengan mudah. “Perasaan negatif akan dinilai, dikritik, atau dilihat oleh orang lain bersifat persisten dan mengganggu [dan meliputi] setiap bidang kehidupan – secara akademis, profesional, dan sosial,” sambungnya.

Sumber : kumparan.com

RECOMMENDED

Tidur Siang di Kantor, Membuat Pegawai Lebih Cerdas Ambil Keputusan

Foto yang Diambil pada Tahun 1943 ini Bikin Geger Jagad Maya

Ternyata Karakter Bisa dilihat Hanya dari Bentuk Alis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Tidur Siang di Kantor, Membuat Pegawai Lebih Cerdas Ambil Keputusan

Jelang Halloween, Salon di Rusia Luncurkan Nail Art Super Aneh