in ,

10 Makanan yang Dilarang untuk Diberikan kepada Kucing

NgakakOnline.id – Beberapa makanan yang biasa dikonsumsi oleh manusia tidak bisa dikonsumsi kucing. Banyak diantaranya yang bahkan membahayakan bagi kucing. Sebagai pemilik kucing, sebaiknya kamu tahu makanan kucing mana yang baik untuk kesehatan mereka.

Makanan manusia bisa saja menjadi racun bagi kucing, sehingga pemilik harus ekstra hati-hati dalam memilih aneka makanan untuk kucing. Dilansir dari Bright Side, berikut ini adalah 10 makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi kucing.

1. Susu dan olahannya

Makanan Kucing
Image Source : hewany

Meskipun banyak kucing menyukai rasa susu dan olahannya, namun ternyata olahan susu dapat berbahaya bagi mereka. Sebagian besar kucing dewasa alergi terhadap laktosa, sehingga berbahaya bagi perut mereka. Hal ini dapat mengakibatkan muntah dan diare. Cukup berikan mereka air putih saja untuk konsumsi sehari-hari.

2. Cokelat dan permen

Makanan Kucing
Image Source : dictio

Dua kandungan bahan utama dalam cokelat yakni kafein dan theobromin sangat berbahaya bagi kucing. Bahan tersebut sulit diserap oleh tubuh kucing dan akan menyebabkan gagal hati. Sedangkan permen yang tinggi gula juga berbahaya pada kucing seperti halnya pada manusia. Selain itu permen dapat meningkatkan resiko tersedak pada kucing.

3. Daging dan ikan mentah

Makanan Kucing
Image Source : goldenmaze

Bakteri dan parasit yang terdapat pada daging mentah resisten terhadap antibiotik. Hal ini akan membuat kucing terkena penyakit parah. Lemak berlebih juga dapat menimbulkan peradangan pada pankreas.

4. Telur mentah

Makanan Kucing
Image Source : meowmagz

Bakteri yang terdapat dalam telur mentah dapat mempengaruhi fungsi usus kucing. Selain itu kandungan protein dalam telur sulit diserap oleh tubuh sehingga dapat menimbulkan kekurangan vitamin. Sebaiknya berikan telur yang sudah matang dicampur dengan makanan lainnya.

5. Bawang-bawangan

Makanan Kucing
Image Source : petnyaku

Kucing yang mengkonsumsi bawang-bawangan bisa terkena anemia hemolitik dan sel darah merahnya menjadi rapuh. Efek yang terlihat adalah perubahan warna urin, sesak nafas hingga sakit perut.

6. Anggur dan kismis

Makanan Kucing
Image Source : ekor9

Anggur dan kismis adalah cemilan sehat bagi manusia, namun tidak untuk kucing. Anggur dan kismis adalah makanan beracun bagi mereka karena dapat mengakibatkan gagal ginjal serius.

7. Adonan ragi

Makanan Kucing
Image Source : meowmagz

Jika kucing mengkonsusmsi adonan ragi, maka adonan akan naik setelah dicerna kemudian menghalangi usus. Hal buruk lainnya adalah ragi bisa menciptakan gula yang mengandung alkohol dan sangat berbahaya bagi kucing.

8. Kacang-kacangan

Image Source : ytimg

Kacang mengandung lemak tinggi yang bisa membuat kucing lebih cepat gemuk. Karena kucing tidak bisa mencerna protein dan lemak yang terkandung dalam kacang. Tingginya kadar lemak juga bisa menimbulkan masalah di perut sehingga dapat mengakibatkan muntah-muntah.

9. Jamur

Image Source : lovepik

Lebih baik cari tahu dulu apakah jenis jamur yang akan diberikan pada kucing tidak mengandung bahan berbahaya. Karena tidak semua jenis jamur berbahaya bagi kucing. Namun beberapa jenis jamur dapat menimbulkan masalah berbahaya bagi kucing.

10. Tomat

Image Source : zaenalviani

Zat tomatin yang terkandung dalam buah ttomat, daun, dan batangnya bisa beracun bagi kucing. Gejala yang ditimbulkan bisa muntah, pupil melebar hingga kehilangan nafsu makan.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Video Viral Detik-detik Kucing Selamatkan Nyawa Balita

Viral Driver Gojek Nangis Gara-gara Orderan Dibatalkan Pelanggan

Yuk Follow Juga Instagram Kita @ngakakonline.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Viral Detik-detik Kucing Selamatkan Nyawa Balita

Video Viral Detik-detik Kucing Selamatkan Nyawa Balita

Sepeda dari Bambu

Keren, Wanita Ini Membuat Sepeda dari Bambu