in

5 Tips Makan Sehat Bagi Kamu yang Super Sibuk

Jadwal yang padat sering kali membuat kita lupa akan waktu, dan dari lupa waktu dapat berimbas pada lupa untuk menjaga pola makan yang sehat. Jangankan menjaga pola makan, untuk bisa makan teratur saja rasanya sulit. Untuk mengatasi jadwal yang super sibuk, orang sering kali menyiasati dengan memakan makanan cepat saji (fastfood), padahal seberapa banyak sih nutrisi yang bisa diperoleh dari fastfood, sudah cukupkah untuk menunjang kebutuhan tubuh kita sehari-hari? Berikut adalah beberapa tips makan sehat yang sederhana dan mudah dilakukan, dan pastinya cocok buat kamu yang super sibuk.

 

1. Sarapan

Untuk menjalani aktifitas tentunya kita membutuhkan energi, terlebih lagi buat kamu yang memiliki jadwal padat. Maka dari itu jangan sampai melewatkan sarapanmu, karena mungkin kamu tidak akan mendapat kesempatan lain untuk memperoleh energi yang dapat menunjang aktifitasmu di pagi hari. Untuk menu sarapan yang praktis kamu bisa menggunakan roti gandum, oatmeal, sereal, susu, dan bisa ditambahkan buah dan sayur-sayuran. Masih dirasa terlalu ribet? Kamu bisa blender buah dengan sayuran dan meminumnya sebagai jus sehat, praktis kan?

 

2. Minuman

Kurangi minum kopi, atau kalau bisa hindari. Mungkin ini terasa berat buat kamu yang sudah kecanduan kopi, tapi percayalan, cara ini dapat mengurangi beban organ tubuhmu. Pasalnya, kebanyakan minum kopi akan membebani organ hati, selain itu juga dapat membuat cepat dehidrasi karena memiliki sifat diuretik yang dapat mempercepat pembentukan urin, dan beresiko meningkatkan gula darah yang tidak stabil. Sebagai alternatif kopi, kamu bisa menggantinya dengan teh hijau. Teh hijau memiliki khasiat untuk meningkatkan kosentrasi, mengurangi stress, menurunkan kolesterol, menyehatkan kulit, dan baik untuk kesehatan liver. Mungkin kopi juga baik dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat, tetapi buat kamu yang memiliki jadwal super padat, sebaiknya jangan. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa rutin minum air putih minimal 8 gelas perhari untuk melancarkan pencernaan dan menjaga konsentrasi.

 

3. Banyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Usahakan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran setiap harinya, buah dan sayuran memiliki serat dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Akan lebih baik kalau kamu memiliki persediaan buah-buahan di tempat kamu bekerja, kamu bisa menjadikannya snack untuk menemanimu bekerja, itu lebih baik daripada snack dalam kemasan yang mengandung bahan pengawet dan tidak sehat.

 

4. Jangan Telat Makan dan Makanlah Secukupnya

Selain mengakibatkan penyakit lambung, telat makan juga dapat menyebabkan kerja organ tubuh jadi terganggu, mudah lelah, metabolisme melambat, dan masalah pencernaan. Karena itu penting untuk makan tepat waktu. Buat kamu yang tidak punya waktu keluar kantor untuk membeli makanan, kamu bisa memesan secara online makanan enak dan sehat, makanan khas paforitmu, atau kue sedap yang dapat meningkatkan moodmu saat bekerja.

Selain jangan telat makan perlu diingat juga bahwa makanlah secukupnya, karena pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Makan terlalu banyak juga dapat menyebabkan obesitas dan resiko diabetes.

 

5. Konsumsi Suplemen

Cara terakhir buat kamu yang super sibuk dan tidak sempat memenuhi kebutuhan tubuh lewat makanan. Suplemen yang baik dikonsumsi adalah yang mengandung multivitamin/mineral, probiotik, vitamin B-complex, omega 3, dan minyak ikan. Tetapi karena setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

tempat ngopi

Ngakak Info – 3 Tempat Ngopi Paling Asik di Jakarta

alhamdulillah

33 Pesan Nabi – Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut