in

Ingin Esok Harimu Produktif? Lakukan Hal-hal Berikut Sebelum Kamu Tidur

Bagaimana rutinitasmu setiap pagi? Mematikan alarm dan kembali tidur sejenak? Atau merepotkan diri dengan berbagai kegiatan sebelum memulai kesibukan?

Kebiasaan seseorang untuk menghadapi pagi biasanya akan berdampak kepada mood mereka sepanjang hari. Tidak sedikit orang yang menganggap pagi hari sebagai momen yang kurang menyenangkan, karena mereka harus dibangunkan oleh jeritan alarm dan menjalani hari dengan kantuk yang masih melanda.

Padahal, sebuah pagi yang produktif akan membuat hari seseorang juga menjadi produktif. Jadi, bagaimana cara agar pagi kita menjadi lebih menyenangkan?

Pagi hari akan jauh lebih menyenangkan dan produktif apabila kamu sudah mulai menyiapkan berbagai keperluanmu sejak malam hari.

Saya akan mencoba untuk membahas beberapa hal yang dapat kamu lakukan pada malam hari untuk meningkatkan produktivitasmu besok, mulai dari mengatur kebiasaan tidur, melakukan berbagai persiapan, mengulas hari kemarin, hingga melakukan hal simpel seperti bersyukur atas hari-hari yang kamu jalani.

 

1. Perbaiki kebiasaan tidur

Upaya ini adalah salah satu yang terpenting dalam menentukan produktivitasmu esok hari. Menurut studi dari National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa berkisar antara tujuh hingga sembilan jam per hari.

Kurang dari itu, kamu akan mengantuk dan konsentrasimu akan menurun dan akhirnya mengurangi produktivitasmu. Terlalu banyak tidur juga akan berdampak kepada mood kamu serta berbagai dampak negatif lain yang seharusnya kamu hindari.

Bagi kamu yang sulit untuk rileks sebelum tidur, mungkin kamu dapat mencoba aktivitas ini:

  • Melakukan yoga atau olahraga ringan sebelum tidur.
  • Mandi air hangat untuk meregangkan otot-otot yang tegang.
  • Meminum susu hangat
  • Mendengarkan musik

 

2. Mulai persiapkan untuk esok hari

Sisa malammu dapat kamu manfaatkan untuk merancang esok hari yang lebih menyenangkan, misalnya menyiapkan kemeja, dasi, dan sepatu untuk bekerja esok hari.

Ini akan membuat pagimu lebih rileks, karena kamu tidak perlu terburu-buru untuk menyiapkan kebutuhan-kebutuhanmu sebelum berangkat kerja.

Sarapan pagi adalah salah satu faktor yang juga akan menentukan performamu selama sehari. Karena itu, usahakan untuk tidak melewatkan momen sarapan karena kamu kehabisan susu atau sereal di pagi hari.

Mulailah untuk menyiapkan sarapanmu sejak malam hari. Sarapan simpel seperti buah dan susu dapat menjadi pilihan mudah bagimu yang tidak ingin repot.

Apabila kamu senang berolahraga, tidak ada salahnya kamu juga menyiapkan perlengkapan olahraga sebelum pagi tiba. Jangan sampai tas gym kamu tertukar dengan tas lain karena kamu terburu-buru menyiapkannya. Jangan lupa juga hal-hal kecil lainnya, seperti dompet, kunci, dan kebutuhan lain agar tidak tertinggal ketika kamu berangkat kerja.

 

3. Rapikan tempat tinggalmu
Saya tidak berbicara tentang rutinitas rumah tangga seperti menyapu, mengepel dan mencuci baju — walaupun hal tersebut juga dapat kamu lakukan — tetapi rumah yang berantakan tidak akan membuat pagimu menjadi menyenangkan.

Apabila kamu memiliki waktu lebih sebelum tidur, kamu dapat mulai untuk merapikan rumah mulai dari meletakkan berbagai barang pada tempatnya, membersihkan dapur dari berbagai piring kotor yang mengundang penyakit, serta membenahi tempat tidur sebelum kamu gunakan.

Rutinitas ini selain dapat membuat tempat tinggalmu menjadi lebih bersih dan sehat, juga akan meningkatkan mood kamu sebelum menghadapi kesibukan di kantor. Jangan biarkan rumahmu menjadi tempat yang tidak nyaman — yang mungkin saja akan mengganggu kesehatan dan waktu tidurmu.

 

4. Visualisasikan esok hari yang produktif

Sebelum tidur, kamu dapat menyediakan waktu sekitar beberapa menit untuk membayangkan esok harimu akan seperti apa.

Tutup matamu dan bayangkan bahwa esok hari akan menjadi sebuah momen yang menyenangkan. Bagaimana lezatnya sarapan yang kamu habiskan, bagaimana kamu dapat menyelesaikan seluruh pekerjaanmu dengan mudah, jalanan yang lengang, serta hal-hal positif lainnya.

Walaupun terdengar sedikit aneh, visualisasi positif ini akan mengangkat mood kamu sebelum tidur agar siap menghadapi esok hari. Visualisasi positif adalah kebalikan dari apa yang biasanya dilakukan oleh orang-orang pada umumnya — yang telah membayangkan esok hari mereka yang sibuk, macet di jalan, serta rutinitas yang membosankan.

Meski esok hari tidak akan seseru akhir pekanmu, tetapi apa yang kamu pikirkan tentang esok hari akan mempengaruhi bagaimana cara kamu menyikapinya.

 

5. Evaluasi hari kemarin
Menjalani hari tanpa mengevaluasi apa saja yang telah dilalui selama hari-hari kemarin sama saja dengan belajar tanpa menguji ilmu yang telah dipelajari.

Kamu dapat melakukan evaluasi diri pada akhir hari dengan menanyakan pertanyaan berikut ini:

  • Apa saya sudah menyelesaikan seluruh hal yang ada dalam daftar to-do saya? Mengapa?
  • Apa yang telah berhasil saya lakukan dengan baik hari ini?
  • Apa saya sudah melakukan sesuatu yang benar hari ini? Bagaimana saya dapat melakukannya kembali di masa depan?
  • Apakah saya melakukan kesalahan ketika berkomunikasi dengan orang lain? Apakah ada yang harus saya perbaiki atau tingkatkan?
  • Bagaimana saya dapat menciptakan esok hari yang lebih baik?
  • Itikad baik apa yang telah saya lakukan hari ini?

Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut kepada diri sendiri, kamu akan memiliki cukup bahan untuk menjadikan dirimu pribadi yang lebih baik pada esok hari.

Energi positif yang hadir dari jawaban pertanyaan-pertanyaan ini akan membantumu untuk lebih produktif di keseharianmu. Untuk menjaga progres dari upaya ini, kamu dapat membuat jurnal yang akan kamu isi setiap harinya.

 

6. Bersyukur
Walau terdengar sedikit bernuansa spiritual, tetapi beberapa studi telah membuktikan bahwa dengan menyatakan syukur atas apa yang telah kita alami selama sehari ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, pernyataan syukur juga dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Cobalah untuk melakukan hal ini malam hari tepat sebelum kamu tidur. Selain kamu dapat merefleksi tentang apa yang telah kamu lakukan terhadap sesama, manfaat dari upaya ini juga dapat membantumu untuk beristirahat secara lebih optimal.

Beberapa hal di atas akan membantumu untuk mendapatkan pagi yang menyenangkan serta hari yang produktif. Selain upaya-upaya di atas, kamu juga dapat melakukan berbagai persiapan teknis, seperti mengatur pekerjaan apa yang akan kamu selesaikan pada esok hari, jadwal meeting, serta aktivitas lainnya yang ada sepanjang hari.

Apa kamu memiliki tip lain yang dapat kamu bagikan terkait dengan produktivitas? Sampaikan kepada kami pada kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dalam Hubungannya Cewek Harus Bisa Katakan Tidak untuk 8 Hal ini, Biar Tak Menyesal Nanti

Kembangkan Produk untuk Next Billion Users, Google Luncurkan Aplikasi Google Go dan Files Go