in , , , , , ,

Gokil! Sendal Jepit Bekas Dijadikan Kapal di Negara ini!

Ngakak Online – Limbah sendal bekas yang beredar di perairan membuat para aktivis lingkungan memikirkan bagaimana solusi untuk memanfaatkan limbah tersebut. Sendal terutama sendal jepit karet tergolong tidak bisa didegradasi alam dan membutuhkan ribuan tahun lamanya untuk dapat terdegradasi alam sehingga akan berbahaya bila dimakan organisme laut seperti penyu.

Gokil! Sendal Jepit Bekas Dijadikan Kapal di Negara ini!
Limbah sendal bekas

Sampah-sampah bekas sendal jepit rupanya sering ditemukan di pantai negara ini, membuat masyarakat bingung. Akhirnya suatu solusi mulai ditemukan, aktivis lingkungan di sana memanfaatkan sendal jepit bekas menjadi sarana transportasi yaitu Kapal yang digunakan untuk melintasi pulau-pulau di sana.

Gokil! Sendal Jepit Bekas Dijadikan Kapal di Negara ini!

Setiap jam 6 sore sebuah perahu berwarna pelangi yang tidak biasa, terbuat dari sampah plastik daur ulang dan sandal jepit yang dibuang di pantai dan tepi jalan, melintas di lepas pantai Mtwapa, dekat kota pesisir Mombasa, Kenya.
Gokil! Sendal Jepit Bekas Dijadikan Kapal di Negara ini!
Kapal sepanjang 9 meter ini dinamakan “The Flipflopi” memiliki agenda untuk berlayar ke sepanjang pantai Afrika Timur untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang meningkatkan kesadaran akan ancaman plastik terhadap lautan, ujar Ali Skand – Kepala pembuat kapal ini.

“Pantai dan ekosistem laut telah tercemar oleh plastik”, kata Skanda. Ia juga menambahkan bahwa “sudah waktunya untuk mengubah pola pikir masyarakat lokal tentang bagaimana mereka menangani dan mengelola limbah”. “Itulah sebabnya kami memulai perjalanan ini dengan kapal ini – untuk menjangkau komunitas di Afrika Timur, dan juga secara global,” ujar beliau.

Kapal ini sering digunakan untuk kunjungan sosialisasi yang berjarak 500 km dari pulau Lamu di Kenya ke pulau Zanzibar di Tanzania yang berdekatan. Sepanjang jalan, kapal berhenti enam kali, dengan para krunya datang memberi sosialisasi kepada penduduk setempat, sekolah-sekolah dan para pejabat untuk melaksanakan aksi pembersihan pantai dan acara-acara yang menyoroti efek polusi plastik di laut.

Motivasi untuk membangun kapal dari limbah plastik dan sandal jepit ini diawali dengan kondisi pantai yang telah berubah dalam beberapa dekade terakhir. Menurut Hasan Mohammed warga lokal disana, 20 tahun lalu pantai di Mtwapa bebas dari polusi, katanya. Tetapi pariwisata mulai muncul dan meningkatnya penggunaan kantung plastik dan botol plastik, yang telah merusak lautan.

“Dulu ketika saya mulai memancing, satu-satunya orang di sekitar saya adalah nelayan dan wanita nelayan dan kami menggunakan keranjang anyaman dan tidak ada plastik,” katanya. “Saat ini banyak orang telah memulai bisnis lokal, seperti hotel di sepanjang pantai. Hal tersebut berkontribusi pada kekacauan besar – seperti yang Anda lihat, tempat itu dipenuhi dengan botol plastik” ujar Mohammed.


Kapal Flipflopi ini dibangun dari 10 ton sampah plastik, pertama kali diluncurkan akhir tahun lalu.
Salah satu pendirinya, Ben Morison mengatakan bahwa dia mulai mengerjakan proyek tersebut pada tahun 2016. “Kapal ini sengaja kita bangun untuk memberikan sosialisasi tentang dampak plastik terhadap ekosistem laut, bagaimana hal ini mempengaruhi kita, dan yang paling penting, apa yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya” ujar Morison.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Fakta Kasus VIRAL Video Mesum Banjarmasin, Pemeran Ternyata Selebgram hingga Tanggapan Pihak Kampus

Fakta Kasus VIRAL Video Mesum Banjarmasin, Pemeran Ternyata Selebgram hingga Tanggapan Pihak Kampus

Viral, Grup Musik Now United Melakukan Tari Saman dari Aceh!

Viral, Grup Musik Now United Melakukan Tari Saman dari Aceh!