in ,

Nasib Kos-kosan Kotak 2×1 di Johar Baru yang Akhirnya Ditutup

NgakakOnline.id – Kalimat ‘ibu kota lebih kejam daripada ibu tiri’ ada benarnya. Apalagi jika bicara soal mencari hunian yang murah tapi nyaman di Jakarta. Kos-kosan di Jakarta juga sangat mahal.

Sampai-sampai hasil survei dari sebuah konsultan properti menyatakan bahwa 95% generasi milenial di Jakarta bakal tak punya rumah pada tahun 2020 nanti. Hal itu karena saking sulitnya membeli rumah di Jakarta menyusul harga tanah yang terus menjulang.

Ini juga bisa tercermin dari realita baru yang diungkap lewat hadirnya kos-kosan dengan ukuran kamar 2×1 meter di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat. Rumah kos tersebut viral lantaran bentuknya yang mirip dengan tempat tinggal para pekerja di Hong Kong.

Kos-kosan
Nasib Kos-kosan Kotak 2×1 di Johar Baru yang Akhirnya Ditutup

Hong Kong diketahui sebagai salah satu lokasi dengan harga properti paling mahal di dunia. Saking mahalnya harga tanah di sana, tak jarang ditemukan orang yang memiliki hunian permanen dengan ukuran semini hotel kapsul.

Bukan hanya karena sentimen bentuk huniannya yang tak manusiawi, rumah kos itu akhirnya ditutup lantaran tidak berizin. Rumah tersebut dipakai tanpa ada izin menggunakannya sebagai kos-kosan sehingga ada potensi pajak yang dihindari di sana.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat hingga Camat sampai turun ke lapangan untuk melihat kondisi asli rumah kos tersebut. Hasilnya, rumah kos dengan harga sewa sekitaran Rp 300 ribu itu diputuskan ditutup.

cerita penghuni kos tersebut

Tak pernah terlintas di pikiran Edo, tempat tinggalnya akan dikunjungi oleh seorang wakil wali kota. Karyawan swasta yang tinggal di rumah kos-kosan Sleep Box di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat itu belum sempat beristirahat dengan pulas setelah pulang kerja pagi ini.

Suara orang banyak yang tak biasa didengarnya dari dalam bilik kamar kos-kosannya yang berukuran 1×2 meter tersebut. Hunian kos-kosan yang telah ditempatinya lebih dari tiga bulan tersebut digerebek oleh satpol PP lantaran tak berizin.

Tipe huniannya yang sangat mini dan sempit menambah daftar alasan pemerintah untuk menutup rumah kos yang sudah berdiri lima tahun tersebut. Suasana rumah kos itu pun geger.

Edo sendiri tak setuju tempat tinggalnya disebut tak manusiawi. Menurutnya, dengan lokasi yang berada di tengah kota dan harga yang sangat murah dibandingkan kos lainnya, rumah kos-kosan ini cukup layak ditempati.

“Kalau pribadi saya nggak mandang ini murah atau nggak. Intinya saya kalau pulang kerja bisa tidur. Sorenya berangkat lagi,” katanya santai.

Baca juga artikel viral lainnya : 

Viral, Grup Musik Now United Melakukan Tari Saman dari Aceh!

Ditegur Anggota TNI, Pemuda yang Mabuk Datangi Koramil Sambil Bawa Golok

Yuk follow juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, telepon dan teks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

TNI

Ditegur Anggota TNI, Pemuda yang Mabuk Datangi Koramil Sambil Bawa Golok

Viral Video Mantan Pacar Terobos Kamar Pengantin Wanita, Bikin Baper Menangis Kejer