in

Kisah Haru dari Para Siswa SD di Gunung Kidul, yang Sukarela Sisihkan Uang Jajan Mereka untuk Para Guru Honorer

NgakakOnline.id – Melansir kompas.com, sebanyak 158 siswa SD Mentel 1 menyisihkan sebagian uang saku mereka untuk membantu 8 guru GTT dan pegawai tidak tetap di SD itu. Jumlahnya bermacam-macam, mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000.”Kasihan mereka tidak mendapatkan gaji layak dari pemerintah,” kata Carisa Moniati, salah satu siswa.

Carisa menceritakan, secara tak sengaja beberapa siswa mengetahui kondisi para guru GTT di sekolah mereka hanya mendapat gaji Rp 100.000 per bulan. Setelah kondisi tersebut diceritakan kepada orangtua, akhirnya muncul inisiatif untuk membantu dengan cara menyisihkan uang saku setiap hari Jumat.

Baca Juga

Kisah Nursaka, bocah SD yang harus selalu melintasi polisi lintasan Batas Negara (PLBN)

“Enggak apa-apa nggak jajan, setiap Jumat juga membawa makanan dari rumah, paling jajan es,” kata Carisa. Lokasi SD Mentel 1 ada di pinggiran Kabupaten Gunungkidul, jauh dari keramaian dan pusat kota. Namun, apa yang ditunjukkan para siswa dan orangtua murid kepada guru GTT patut diacungi jempol.

Bayu selaku salah satu guru GTT mengatakan, sejak 2005, honor sebagai GTT hanya Rp 100.000 per bulan, ditambah bantuan dana BOS sebesar Rp 200.000. “Tetap semangat mengajar, ndak apa-apa, yang penting anak-anak memeroleh pendidikan yang baik,” katanya.

Kepala SD Mentel 1, Kamijan, mengatakan kalau kegiatan sosial setiap Jumat ini sudah berlangsung sejak Maret 2018. Setiap bulan, para siswa ini mampu mengumpulkan dana sekitar Rp 2 juta dan uang tersebut akan dibagikan kepada 8 GTT maupun Pegawai Tidak Tetap.

“Pengumpulan ini tidak ditentukan nominal, jika terdapat siswa yang tidak memberi infak pun juga diperbolehkan tergantung kepada kemampuan serta keikhlasan para siswa yang ada,” jelasnya.

Sumber : kompas.com

RECOMMENDED

Hebat Bocah Kelas 3 SD ini Meraih Mendali Perak dalam Hongkong International Mathematical Olympiad

Seorang Bocah laki-laki Sembilan Tahun di Kabupaten Pekalongan, Ia Terpaksa Kehilangan Kepala Kelaminnya

Ajaib, Bocah 4 Tahun di Australia ini Masih Bisa Selamat Setelah Terkena Gigitan Ular Mematikan

 

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa subscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren Mahasiswa Univ Muhammadiyah Malang Menciptakan Alat untuk Meminimalisir Pengkisan Ban Kendaraan

Woah! Beginilah Nuansa Kemegahan Secara Nyata dari Kastil ‘Horor’ di Film The Nun