in

Kini Para Ilmuwan telah Berhasil Membuat Baterai Berbasis Kertas yang Lebih Efisien

NgakakOnline.id – Para peneliti yang mempresentasikan temuan ini di pertemuan American Chemical Society di Boston, Amerika Serikat mengatakan, baterai kertas itu berbiaya produksi rendah dan sepenuhnya biodegradable (mampu diurai oleh bakteri atau organisme hidup lain).

Biobattery, yang dikembangkan oleh para peneliti dari Binghamton University di AS, menggunakan hibrida kertas dan polimer rekayasa.

Polimer–poli (amic acid) dan poli (pyromellitic dianhydride-p-phenylenediamine)–adalah kunci untuk memberikan sifat biodegrading baterai. “Ada peningkatan dramatis dalam limbah elektronik dan ini mungkin cara terbaik untuk mulai mengurangi itu,” kata Seokheun Choi, profesor di Binghamton University.

Baca Juga :

Ekspansi Lapisan Terluar atau Korteks Otak saat Otak Berkembang dirahim Ibu Membuat Korteks jadi Menegang

Baterai kertas dibuat dengan mencetak lapisan tipis logam dan bahan lain ke permukaan kertas. Kemudian, exoelectrogens kering dan beku ditempatkan ke atas kertas. Exoelectrogensadalah jenis bakteri yang dapat mentransfer elektron di luar sel mereka. Elektron ini dihasilkan ketika bakteri membuat energi untuk diri mereka dan mereka melewati membran sel.

Mereka kemudian melakukan kontak dengan elektroda eksternal dan menyalakan baterai. Air atau air liur diperlukan untuk mengaktifkan baterai. Dalam beberapa menit, cairan tersebut akan menghidupkan kembali bakteri, yang telah terbukti menghasilkan cukup elektron untuk menyalakan dioda pemancar cahaya dan kalkulator.

Sumber: beritagar.id
Foto: techxplore.com

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa suscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Ekspansi Lapisan Terluar atau Korteks Otak saat Otak Berkembang dirahim Ibu Membuat Korteks jadi Menegang

Penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) yang lebih parah ketimbang penyakit maag