in , , ,

Kejadian viral Banjir di Mina, Bagaimana Kondisi Jemaah Haji Indonesia? Ini Penjelasan Kementerian Agama

Ngakak Online – Kejadian viral video banjir yang diduga terjadi di Mina dan menerpa para jemaah haji viral di media sosial. Kebenaran video yang beredar di media sosial ini pun masih dipertanyakan.

Dilansir dari Kementerian Agama segera memberi penjelasan mengenai video yang sedang viral tersebut.

Melalui siaran langsung Facebook, Kepala Daerah Kerja Mekkah Kementerian Agama Subhan Cholid membenarkan Mekkah dan Mina sempat diguyur hujan deras pada Senin, (12/8/2019). Menanggapi video banjir di Mina tersebut, Subhan pun membantah dan memberikan klarifikasi. Hujan deras yang terjadi pada waktu itu tidak menyebabkan banjir di tanah suci.

Hal yang terjadi akibat hujan deras tersebut adalah adanya genangan di beberapa titik dan tidak sampai membuat jemaah keluar dari tenda dan bergerombol seperti yang ada pada video yang beredar. Saat hujan berlangsung pihak keamanan setempat mengimbau jemaah untuk tetap berada di tenda. Akibat hujan deras tersebut, aliran listrik di beberapa tempat termasuk di kantor maktab (kantor yang mengatur urusan ibadah haji) yang dipadamkan.

Sebelumnya diberitakan beredar video yang memperlihatkan rombongan jemaah haji yang berbondong-bondong berjalan menerjang banjir setinggi hampir selutut orang dewasa. Banjir tersebut juga menerpa sebuah terowongan, dan tampak para jemaah haji dikepung banjir sedang keluar dari terowongan itu dengan dibantu para petugas berompi oranye.

Selanjutnya dalam video tersebut juga menampilkan parkiran mobil yang diguyur aliran deras air banjir dari atas tebing. Subhan menjelaskan bahwa WNI jemaah haji dalam kondisi baik dan tidak ada yang mengalami kerugian atau sakit. Subhan juga mengaku tidak mengetahui kebenaran waktu dan lokasi banjir dalam video yang beredar tersebut. Hujan tiba-tiba turun dari langit membasahi bumi Arafah yang sangat jarang dibasahi air hujan dan terlihat gersang.

Fenomena aneh terjadi pada pelaksanaan haji tahun ini, yaitu ketika hujan turun dengan lebat ketika jamaah sedang melakukan wukuf di arafah. Waktu mustajab untuk wukuf di Padang Arafah belum berakhir. Jarum jam masih menunjukkan pukul 15.00 sore waktu Arab Saudi ketika jemaah haji masih khusyu melantunkan doa-doa di Padang Arafah.

Tanpa disangka- sangka air hujan tiba-tiba turun dari langit membasahi bumi Arafah yang sangat jarang dibasahi air hujan dan terlihat gersang. Awalnya hujan ini rintik-rintik tapi lama kelamaan deras juga. Jemaah haji yang awalnya berada di dalam tenda berhamburan keluar dari tenda seolah tak percaya hujan turun di Padang Arafah.

Mereka makin kencang memanjaat doa bentuk kesyukuran Allah menurunkan hujan di saat mustajabah wukuf. “Alhamdulillah, alhamdulillah…ini berkah. Insya Allah ini adalah berkah,” kata seorang jemaah bersuara cukup kencanf dari luar tenda.

Turunnya hujan di Arab Saudi memang sesuatu yang sangat langka. Apalagi selama musim haji ini cuaca di Arab Saudi sangat panas berkisar 40 hingga 49 derajat celcius. Hingga sore ini jemaah haji masih berada di dalam tenda Arafah. Mereka dijadwalkan akan bergeser ke Muzdalifah untuk menjalani mabit.

Jadi bagaimana pendapat anda tentang kejadian viral banjir di Mina?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Rayakan HUT RI ke-74, Game eSports PUBG Mobile Hadirkan Kompetisi Berhadiah Puluhan Juta

Rayakan HUT RI ke-74, Game eSports PUBG Mobile Hadirkan Kompetisi Berhadiah Puluhan Juta

Pemuda Pancasila Adakan Tinju di Pancasila Boxing Day

Pemuda Pancasila Adakan Pancasila Boxing Day untuk Bangkitkan Tinju di Indonesia