in ,

Cerita di Balik Video Kecupan Xanana ke Habibie yang Viral

NgakakOnline –  Kecupan Xanana ke Habibie yang Viral. Sebuah video yang menggambarkan mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie viral di dunia maya. Dalam video itu, tergambar momen manis antar dua tokoh itu.

Kecupan Xanana ke Habibie
Kecupan Xanana ke Habibie

Dalam video itu Xanana yang mengenakan kemeja batik tampak berada di samping tempat tidur tempat Habibie berbaring. Xanana terlihat sedikit membungkukkan badannya sehingga kepala Xanana dan Habibie hampir sejajar. Keduanya bertatapan ketika Xanana Gusmao mengucapkan beberapa kata sambil menepuk-nepuk bagian dada Habibie yang tertutup selimut.

Setelah itu, Xanana mengecup dahi Habibie yang dibalas dengan pelukan Habibie. Tangan Habibie tampak merangkul leher Xanana yang membuat kepala Xanana jatuh ke atas dada Habibie. Habibie kemudian terlihat mengelus tengkuk kepala Xanana. Video berdurasi sekira 16 detik itu pun terasa sangat mengharukan. Peristiwa itu disaksikan oleh beberapa orang, antara lain Duta Besar Timor Leste Alberto Xavier Parreira Carlos serta beberapa kerabat Habibie

Sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto, menceritakan, kunjungan Xanana itu berawal dari Habibie yang tak bisa memenuhi undangan pemerintah Timor Leste karena sakit. “Beliau diundang oleh Xanana untuk menghadiri peringatan referendum 20 tahun, 30 Agustus. Tapi karena keadaan beliau sedang berbaring di rumah sakit sehingga kami batalkan.

Xanana sendiri yang hadir ke Jakarta,” kata Rubi usai acara tahlilan di kediaman Habibie.  Rubijanto menuturkan, kehadiran Habibie sebetulnya dinantikan rakyat Timor Leste yang menganggap mantan menristek itu mempunyai jasa besar bagi negara itu. Bagaimana tidak, keputusan Habibie menggelar referendum pada 1999 lalu mengantarkan eks provinsi Timor Timur itu berdaulat sebagai negara merdeka.

Rubijanto melanjutkan, sosok Xanana Gusmao juga mempunyai hubungan spesial dengan Habibie. Sebab, Habibie lah sosok yang membebaskan Xanana dari status tahanan politik. “Xanana sangat terima kasih karena beliau tidak tahu menahu tapi dikeluarkan oleh Pak Habibie. Dengan demikian, kita bayangkan betapa terharunya dengan kebijakan dan keputusan Pak Habibie,” ujar dia.

Selain itu, Habibie disebut Rubijanto juga belum sempat mengunjungi sebuah jembatan di Timor Leste yang dinamakan jembatan Habibie. “Sampai berita di media, Pak Habibie belum pernah melihat, belum pernah tahu karena beliau dalam keadaan berbaring,” kaua Rubijanto. Sebelumnya, Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center Dewi Fortuna Anwar mengatakan, video pertemuan antara Xanana dan Habibie itu terjadi di kamar perawatan Habibie di RSPAD Gatot Soebroto pada akhir Juli 2019 lalu.

KOMPAS.com

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Viral Suara Bebek

Viral Suara Bebek Mirip Tawa Tokoh Jahat Sinetron, Ngetawain Kaum Jomblo?

Hp Di Sita Guru Golok Bertindak

Hp Di Sita Guru Golok Bertindak