in

Kapal Phinisi adalah Cermin Kehebatan Bahari Indonesia

NgakakOnline.id – Kapal Phinisi adalah cermin kehebatan bahari Indonesia. Kehebatan kapal ini sangat melegenda. Bahkan mancanegara mengakuinya. Buat kalian yang ingin mengetahui kehebatan kapal ini, silahkan datang ke Festival Phinisi 2018. Lokasinya di Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, festival ini akan menarik. Karena, memperkuat Indonesia sebagai negara bahari dan memiliki sejarah melaut yang handal. Menpar menambahkan, Bulukumba telah diperkuat aspek 3A (amenitas, aksesibilitas, dan atraksi). Jadi wisatawan tidak perlu ragu untuk berkunjung.

Kehebatan Kapal Phinisi juga diungkapkan Ketua Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty. Festival Phinisi digelar 13-16 September 2018. Festival ini dihelat di Kawasan Pantai Tanjung Bira, Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Total, ada 13 sub event yang bisa dinikmati.Kemeriahan Festival Phinisi sendiri bisa dinikmati lebih awal. Bertempat di Donggia, Desa Kahayya, Senandung Kopi Kahayya dan Kahayya Trail Adventure Sesi I dirilis mulai 8-9 September.

Baca Juga

Kapal Berbendera Indonesia Sam Ratulangi Memicu Kehebohan di Myanmar

Menjadi rangkaian Festival Phinisi, Sendratari Samindara pun dirilis masyarakat Lembang, Salemba, Ujung Loe, Senin (10/9). Sendratari Samindara adalah legenda rakyat Bulukumba. Narasi yang akan dibawakan ‘Cinta di Antara Dua Saudara Kandung, Samindara dan Baso Kunjung Barani’. Agenda itu dirangkai dengan Siara ke Pusara Samindara, Lomba Perahu Katinting, Lari Mallongga, juga lainnya.

Kekayaan budaya Bulukumba semakin ditegaskan dengan pagelaran Seni Dato Tiro. Pagelaran ini bercerita asal muasal masuknya Islam di Bulukumba. Seni Dato Tiro bisa dinikmati di Pantai Samboang, Bontotiro, pada Selasa (11/9). Selang beberapa hari berikutnya, dilakukan ritual Annyorong Lopi atau Peluncuran Kapal Phinisi. Ritual tersebut digelar di Tanah Beru, Bontobahari, Jumat (14/9). Wilayah ini memang terkenal dengan galangan Kapal Phinisinya.

Annyorong Lopi adalah tanda kebangkitan industri Kapal Phinisi di Bulukumba. Proses peluncuran dilakukan tradisional dengan ditarik tenaga manusia.

Sumber: liputan6.com
Foto: akamaized.net

RECOMMEND

Inilah Berbagai Senjata Tradisional Indonesia yang Sudah dikenal Dunia

Pulau Natuna merupakan kepulauan terluar di bagian utara Indonesia yang indah

Keren! Pembalap dari Indonesia, Martin Renaldi Hutasoit, ikut mengharumkan Indonesia dengan menjuarai Ferrari Challenge Asia Pasifik Seri Kelima di Jepang

Inilah Makanan-makanan Unik Asli Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

inilah yang Menjadikan Belgian Waffle Berbeda dengan Jenis Waffle Lainnya

Wanita ini Nyaris Buta, karena Selama 25 Tahun Tidur Memakai Maskara