in , , , , , ,

Asik banget, di Kafe Unik ini Kamu Bisa Menukar Sampah dengan Makanan

Kafe unik

NgakakOnline – Kafe unik memberikan makanan gratis dan mengurangi sampah pelastik. Semakin meningkatnya limbah plastik, membuat salah satu perusahaan di India juga, meluncurkan kafe sampah. Selain membantu warga juga menjaga lingkungan.

Untuk mengurangi limbah plastik, bisa dilakukan dengan cara mendaur ulang sampah-sampah berbahan plastik. Perusahaan Municipal Corporation, baru saja membuka kafe sampah pertama di India, letaknya di kota Ambikapur, Chhattisgarh. Kafe ini bertujuan membantu pemerintah untuk mengurai polusi dari plastik.

Kafe unik
Kafe unik

Dikabarkan perusahaan ini juga memastikan bahwa orang-orang yang mengumpulkan sampah plastik, bisa menukarkannya dengan makanan gratis yang ada di kafe mereka. Setiap orang yang mengumpulkan sampah plastik seberat 1kg, akan ditawarkan makanan gratis dari hidangan pembuka, hingga penutup. Sementara bagi mereka yang hanya mengumpulkan sampah plastik seberat 500 gram, akan diberikan menu sarapan.

Nantinya semua sampah plastik yang dikumpulkan ini, akan digunakan untuk pembangunan jalan di Ambikapur, salah satu kota yang paling bersih di India, setelah Indore. Kafe sampah ini bentuknya hanya stand sederhana saja, di dekat pemberhentian bis. Sehingga memudahkan orang untuk menukarkan sampah-sampah yang mereka kumpulkan.

Kafe unik

Setidaknya perusahaan Municipal Corporation sudah menyiapkan dana sekitar RS 5 Lakh (Rp 6,9 miliar) untuk menjalankan kafe ini. Lewat gerakan ini, Municipal Corporation akan menyediakan makanan untuk orang yang membutuhkan serta gelandangan.

Selain itu Municipal Corporation juga akan membangun tempat penampungan, dengan makanan gratis untuk orang-orang yang ada di sana. Tentu saja gerakan ini dipuji oleh banyak netizen di India. “Jika wilayah seperti Chhattisgarh yang memiliki tingkat ekonomi lebih rendah dari Goa saja, bisa membuat gerakan seperti ini. Mengapa kita tidak bisa?” tulis netizen bernama Gaurang Prabhu.

Kafe unik

Selain di India, gerakan serupa juga hadir di kota Beijing, China. Sebelumnya seorang pemilik toko memberikan telur ayam gratis, untuk setiap orang yang menukarkan kotoran anjing ke tokonya.

Kafe-kafe ‘sampah’ macam ini juga sudah beroperasi di AS, Eropa, dan bahkan Kamboja, dan berbagai unsur infrastruktur dunia terbuat sepenuhnya dari plastik. Uniknya inisiatif ini adalah semua plastik yang dikumpulkan akan digunakan untuk membangun jalan raya yang lebih baik di Ambikapur, kota paling bersih kedua di India.

Di Ambikapur sudah dibangun satu jalan raya dari 800.000 kantong plastik dan aspal. Inisiatif ini mengubah plastik menjadi sesuatu produktif. Tidak hanya itu, jalanan yang terbuat dari plastik bertahan lebih lama dan lebih tahan terhadap banjir. Mengingat jumlah sampah yang melimpah seantero dunia, inisiatif seperti ini sangat dibutuhkan.

Ketika mempresentasikan anggaran kota pada 15 Juli, walikota Ambikapur Ajay Tirkey mengatakan kafe ini akan dikelola di stasiun bus utama dengan anggaran Rs 500 ribu (Rp 101,1 juta). Pemda setempat juga berharap dapat memperluaskan program ini untuk menyediakan tempat tidur kepada tunawisma yang mengumpulkan sampah.

Baca Juga :Gokil, 2 Nenek Tua Gagah Perkasa ini Gagalkan Perampokan

Benarkah, Air Kecing Sapi Jenis ini Mengandung Emas ?

Yuk follow juga akun instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Kejadian kocak

Kejadian Kocak, Para Hooman ini Salah Gunain Alat & Begini jadinya

Pemakaman Orang Hidup

Pengen ngerasain Mati? Di Korsel Ada loh Pemakaman Khusus Orang Hidup