in

inilah yang Menjadikan Belgian Waffle Berbeda dengan Jenis Waffle Lainnya

NgakakOnline.id – Meski tampilannya mirip, ternyata waffle Belgia dan waffle biasa berbeda. Waffle Belgia punya tekstur renyah dan ringan. Apa lagi keunikan waffle ini?

Selain pancake, waffle merupakan menu sarapan yang populer di Amerika dan Eropa lainnya. Kini waffle turut menjadi salah satu makanan yang terkenal di dunia. Termasuk waffle Belgiayang ternyata berbeda dengan waffle biasa.

1. Berasal dari Brussel

Waffle Belgia pertama kali muncul di Brussels World Fair Expo di tahun 1958, dan belum dikenalkan ke utara Amerika hingga tahun 1962.

Di Belgia sendiri, terdapat dua jenis waffle yang berbeda. Waffle Belgian waffle, dan waffle Liege. Berbeda dengan Belgia, waffle Liege ditaburi dengan gula bubuk, hingga meresap ke permukaan waffle sehingga rasanya lebih manis.

2. Bahan

Jika waffle biasa menggunakan tepung terigu, telur, dan lelehan butter. Berbeda dengan waffle Belgia menggunakan, yeast butter atau butter yang terbuat dari campuran ragi dan mentega.

Yeast butter berguna untuk membuat tekstur waffle lebih ringan, dan ekstra lembut. Beberapa orang Belgia, bahkan lebih dulu mengeluarkan butter semalaman penuh, untuk hasil waffle yang sempurna.

Baca Juga

Bir Goreng, Cara Baru Menikmati Bir di Masa Kini

3. Ukuran

Untuk ukuran, waffle Belgia jauh lebih besar dari waffle pada umumnya. Tidak hanya ukurannya saja, tapi ketebalan waffle juga berbeda.

Waffle Belgia menggunakan panggangan dari besi khusus yang lebih lebar dari ukuran cetakan waffle umumnya. Permukaan cetakan waffle lebih cekung ke dalam, yang berguna sebagai tempat untuk menyimpan sirup dan topping lainnya.

4. Lebih renyah

Karena menggunakan yeast, Belgian waffle jauh lebih renyah kering dari waffle biasa. Meski renyah di luar, tapi bagian dalam waffle tetap sangat lembut.

Rasa waffle juga tidak terlalu berat karena adonannya tipis ringan. Karena yeast dicampurkan dengan putih telur, agar teksturnya lebih ringan.

5. Jajanan kaki lima

Jika di Amerika dan negara lainnya, waffle umumnya disajikan sebagai menu restoran. Berbeda dengan waffle Belgia. Di negara asalnya, waffle ini merupakan jajanan kaki lima yang dapat ditemui di setiap sudut jalan.

Sumber: food.detik.com
Foto: istimewa.com

RECOMMENDED

Apabila Melakukan Mukbeng yang Tidak diimbangi dengan Olahraga Bisa Menyebabkan Obesitas

Inilah Mie Ramen Unik yang disajikan Menyerupai Bir

5 Kuliner Unik Rusia Yang Katanya Enak Banget Dan Bikin Ngiler

Kumpulan Gambar Unik Ilustrasi 3D pada Kertas yang keren

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa suscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Ditinggalkan dengan Seekor Anjing, Pria ini Bikin Ilustrasi yang Keren

Kapal Phinisi adalah Cermin Kehebatan Bahari Indonesia