in

Inilah Berbagai Senjata Tradisional Indonesia yang Sudah dikenal Dunia

NgakakOnline.id – Senjata tradisional adalah sebuah barang budaya yang digunakan oleh masyarakat untuk melindungi diri dari serangan musuh, saat berladang ataupun saat berburu. Senjata juga bisa menjadi identitas dari sekelompok masyarakat yang menggunakannya. Yuk kenalan dengan senjata-senjata tradisional Indonesia!

1. Keris Jawa

Keris merupakan senjata tradisional suku Jawa, terutama Jawa tengah dan Jogjakarta. Bentuknya cukup unik, yakni gagangnya yang menyerupai ular yang meliuk-liuk. Senjata ini dipercayai mengandung nilai sakral dan juga unsur mistis. Keris tersebar pada masyarakat diwilayah yang pernah terpengaruh oleh Kerajaan Majapahit. Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak 2005.

2. Pisau Belati Papua

Umumnya senjata terbuat dari logam, Pisau Belati Papua justru terbuat dari tulang kaki burung kasuari, yaitu burung endemik Papua. Tulang kaki burung kasuari dipilih karena mudah dibentuk dan ditajamkan tapi tetap memiliki struktur yang kuat. Pegangan senjata tradisional Papua ini biasanya juga dilengkapi dengan hiasan bulu burung Kasuari atau serat alam.

Baca Juga

Inilah Makanan-makanan Unik Asli Indonesia

3. Badig Bugis

Badik atau biasa juga disebut badek adalah senjata tradisional yang dikembangkan oleh masyarakat Bugis dan Makassar. Menurut masyarakat Bugis Makassar, setiap jenis badik memiliki kekuatan gaib. Kekuatan ini dapat memengaruhi kondisi, keadaan, dan proses kehidupan pemiliknya. Sejak ratusan tahun silam, badik tidak hanya digunakan untuk membela diri, namun juga sebagai identitas diri dari suatu kelompok etnis atau kebudayaan.

4. Kujang Jawa Barat

Senjata unik dari Jawa Barat ini mulai dibuat sekitar abad ke-8 atau ke-9. Terbuat dari besi atau baja dengan rata-rata panjang sekitar 20 cm hingga 25 cm, dan berat yang bisa mencapai 300 gram. Selain sebagai senjata, masyarakat Jawa Barat menggunakan kujang juga sebagai alat pertanian, hiasan, maupun cenderamata. Kujang merupakan alat yang melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran.

Sumber: goodnewsfromindonesia

RECOMMENDED

7 ALAT MUSIK LANGKA DAN UNIK YANG MUNGKIN BELUM KAMU TAHU

Kapal Berbendera Indonesia Sam Ratulangi Memicu Kehebohan di Myanmar

Pulau Natuna merupakan kepulauan terluar di bagian utara Indonesia yang indah

Keren! Pembalap dari Indonesia, Martin Renaldi Hutasoit, ikut mengharumkan Indonesia dengan menjuarai Ferrari Challenge Asia Pasifik Seri Kelima di Jepang

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa suscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Ternyata 3 Cara Sederhana Ini Ampuh Bikin Cewek Jatuh Cinta

Rumah Mode Balmain Menggunakan Model Virtual yang dibuat Menggunakan Teknologi 3D