in

Jangan Sampai Terjebak, Ini Lho 7 Ciri-ciri Beasiswa Palsu

NgakakOnline.id – Saat ini kita bisa melihat banyak banget informasi beasiswa yang tersedia. Akses internet yang tak terbatas memungkinkan setiap pemburu beasiswa berselancar ria di dunia maya. Tapi, pernah gak sih kamu mencari tahu kalau informasi beasiswa tersebut benar adanya? Karena ternyata banyak oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab membuat beasiswa palsu alias scam.

Berbagai kasus penipuan pun banyak terjadi, sehingga kamu hanya menunggu kepastian yang nggak jelas dan justru mengalami kerugian. Kamu jangan buru-buru seneng atau tergoda dengan sebuah tawaran beasiswa. Kamu harus cari tahu dulu kebenaran beasiswa tersebut, apakah scam atau bukan.

Karena banyak pihak yang ingin mengambil keuntungan dari calon pendaftar beasiswa. Selain keuntungan materi, mereka juga bisa memperoleh data pribadi kamu. Jadi kamu harus beneran hati-hati dan teliti sehingga gak akan tertipu dengan beasiswa palsu tersebut. Simak yuk antisipasi yang bisa kamu lakukan.

1. Telusuri sumbernya di internet

Sudah pasti sebagian scholarship hunter pasti berburu informasi beasiswa lewat internet. Kamu tinggal klik dan klik ke sebuah situs kemudian akan mendapatkan berbagai informasi yang kamu butuhkan. Ada banyak pilihan lengkap info jurusan, persyaratan ataupun cara mendaftar beasiswa tersebut. Tapi kamu harus teliti, apakah situs tersebut benar-benar terpercaya? Coba telusuri sumber asli dari info beasiswa tersebut.

Ada beberapa contoh kasus penipuan misalnya info beasiswa dari sebuah universitas ternama tapi sebenarnya universitas tersebut tidak sedang membuka pendaftaran beasiswa. Jadi coba mengontak universitas yang bersangkutan untuk mebuktikan apakah beasiswa tersebut palsu atau tidak.

2. Wajib membayar sesuatu

Jangan pernah mau mendaftar bila kamu diminta membayarkan sejumlah uang kepada penyelenggara. Jika kamu diharuskan membayar uang dalam jumlah yang cukup banyak dan harus mencantumkan credit card, alamat atau hal pribadi lainnya, hati-hati ya karena ini ciri-ciri beasiswa penipuan.

Ada beberapa jenis beasiswa yang hanya memberi keringanan biaya sekitar 50%, tapi pastikan itu memang biaya pendaftaran ke universitas bukan ke aplikasi beasiswa. Jangan sampai biaya sudah disetorkan tapi beasiswa melayang!

3. Alamat dan nomor telepon pemberi beasiswa tidak jelas

Sebagian besar beasiswa palsu tidak memiliki alamat yang jelas. Biasanya mereka juga menggunakan informasi palsu. Mereka juga tidak memiliki nomor telepon, meskipun ada tapi sangat jarang karena mudah dilacak.

Coba kamu kunjungi laman websitenya kemudian telusuri alamat dan nomor kontak atau email. Jika kamu gak berhasil menghubungi, kamu harus waspada.

4. Kurang terkenal

Biasanya penyelenggara beasiswa sudah mempunyai reputasi yang luas. Mereka sudah banyak menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan, pemerintah atau masyarakat. Mereka memiliki banyak alumni yang sudah menerima beasiswa tersebut.

Jadi kamu juga bisa baca-baca komentar jejak alumni penerima beasiswa tersebut sebagai rekomendasi. Pastikan ada penerima beasiswa sebelumnya.

Tapi kalau beasiswa yang ditawarkan terdengar asing atau tidak memiliki jejak alumni bisa jadi ini adalah beasiswa palsu.

5. Menjamin kamu lolos

Semua sponsor beasiswa pasti mencari kandidat penerima beasiswa dengan kualifikasi terbaik. Tidak penah ada satu pun beasiswa yang menjamin kamu bisa lolos. Kamu harus merebutnya dengan kompetisi dan persaingan yang ketat.

Tidak ada penyelenggara yang memberikan dana beasiswa tanpa syarat khusus. Jadi kamu perlu mencurigai bila ada penawaran beasiswa yang menjamin semua pelamar bisa lolos.

6. Kamu mendapat beasiswa yang tidak kamu daftarkan

Bukan tidak mungkin bila kamu akan dihubungi tiba-tiba dengan mengontak alumni secara acak. Beberapa penipu akan bilang kalau kamu memperoleh beasiswa dan mengharuskan kamu mentransfer sejumlah uang.

Jika kamu mendapatkan telepon seperti ini, jangan langsung memberi informasi apapun. Cari tahu dulu tentang keterangan beasiswa tersebut. Apabila mereka memaksa kamu membayarkan sejumlah uang, segera tutup teleponmu!

7. Spam mencurigakan

Saat kamu mengunjungi sebuah laman informasi beasiswa, bisa jadi beberapa saat kemudian alamat situs tersebut mengirimkan email spam mencurigakan. Tujuannya untuk membujuk kamu agar cepat mengikuti program beasiswa tersebut. Kamu harus waspada karena penyelenggara beasiswa adalah orang-orang profesional yang tidak akan mengirimi kamu spam atau hal yang mengganggu.

Dan yang paling penting adalah kamu harus selalu berhati-hati dan jangan asal memberi inforasi pribadi pada pihak yang tidak dikenal. Jangan mau bila diharuskan membayarkan sejumlah uang kepada pihak tertentu sebagai persyaratan menerima beasiswa. Karena sekarang akses informasi sangatkalah mudah dan banyak oknum ingin mengambil keuntungan dengan menyelenggarakan beasiswa palsu.

Semoga kamu bisa meraih beasiswa dengan jalan terbaik dan sukses melanjutkan studi ya!

Sumber : idntimes.com

RECOMMENDED

Inilah Khasiat dari Air Tebu yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Tangguh Masing-masing, Begini Cara Setiap Zodiak Mengatasi Patah Hati

Jangan Cuci Celana Jeans-mu! Ini, Cara Membersihkan yang Benar

 

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa subscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Jago Bersilat Lidah, 5 Zodiak Ini Katanya Pinter Banget Bohong

Ditahan oleh KPK, Bupati Bekasi Dalam Kondisi Hamil Empat Bulan