in

Indonesia Miliki 5 Wilayah Dengan Jumlah Penderita Gangguan Jiwa Terbanyak

NgakakOnline.id – Melansir dari intisari, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementrian Kesehatan, provinsi yang memiliki gangguan jiwa terbesar adalah Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 0,27 persen. Pada posisi kedua ditempati oleh Aceh dengan jumlah 0,27 persen.

Posisi ketiga adalah Sulawesi Selatan dengan 0,26 persen, serta di posisi selanjutnya ada Bali dan Jawa Tengah sebanyak 0,23 persen. Jika penduduk Bali per tahun 2017 berjumlah 4.230.051 jiwa, maka 9.729 warga Bali (mendekati angka 1 juta) mengalami gangguan jiwa berat (ODGJ). Ini termasuk angka yang sangat tinggi.

Sementara itu, World Health Organization (WHO) mencatat bahwa ada 540 juta penduduk di dunia menderita gangguan jiwa. Sedangkan angka kekambuhan pada pasien gangguan jiwa yaitu 50 persen hingga 92 persen. Hal ini diakibatkan karena kurangnya dukungan sosial dari keluarga maupun masyarakat.

Walaupun sudah di RSJ dan sudah kembali, di masyarakat tetap mendapat perlakuan diskriminatif. Ini karena adanya diagnosis dokter sebagai seorang yang memiliki identitas diri sebagai individu berbahaya. Itulah kesalahan masyarakat berpikir salah dan ketidaktahuan publik,” ucap Bambang.

Stigma diskirminasi dan marginalisasi itu membuat keluarga menjadi malu dan masyarakat semakin takut sehingga ODGJ akan dikucilkan oleh masyarakat. Hal ini tentu berdampak pada terhambatnya proses penyembuhan pasien hingga bisa dikembalikan ke lingkungannya.

Selain itu, banyak ODGJ yang takut dan tidak suka ditangani oleh dokter maupun psikolog. Bahkan terkadang ada yang marah dan tersinggung karena mengganggap dirinya tidak sakit.

Sumber : intisari

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa susbcribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Ternyata Wilayah Donggala Sejatinya Telah Bersiap-siap Untuk Menjadi Sektor Wisata

Alat yang Bisa digunakan Untuk Menyaring Berbagai Jenis Air Sehingga Dapat Minum Langsung