in ,

Gokil, 3 Pria Ini Hidup Tanpa Jantung, Kok Bisa Ya?

NgakakOnline.id– Salah satu organ paling vital pada tubuh manusia adalah jantung. Jantung sendiri berfunngsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Jadi  wajar saja jika jantung dikatakan sebagai pusat hidup pada tubuh manusia. Yang terjadi ketika manusia hidup tanpa jantung yaitu adalah kematian.

Namun meskipun demikian ternyata di dunia ini ada manusia yang mampu bertahan hidup tanpa jantung di dalam tubuhnya. Karena kondisi tertentu mereka harus hidup tanpa pusat hidup (jantung). Berikut ini adalah orang-orang yang mampu hidup tanpa jantung.

Hidup Tanpa Jantung

  1. Craig Lewis

Craig adalah manusia pertama yang mampu hidup tanpa jantung di dunia. Ia berhasil selamat berkat pertolongan dua dokter asal Texas Billy Cohn dan Bud Frazier. Mereka berhasil menukar jantung Craig dengan alat pompa jantung buatan yang berfungsi sama seperti jantung manusia. 

Craig didiagnosa mengidap penyakit amyloidosis, yaitu penyakit yang menyebabkan tubuh memproduksi protein abnormal. Protein ini memenuhi organ-organ tubuh sehingga mengakibatkkan organ berhenti berfungsi.

Pompa buatan ini membuat Craig tidak memiliki denyut nadi karena jantung buatannnya hanya berfungsi memompa darah secara terus menerus. Craig dipastikan tetap bisa hidup selama pompa jantung berfungsi denngan baik.

Hidup Tanpa Jantung

  1. Jakub Halik

Jakub Halik divonis menderita tumor ganas yang mengakibatkan kerusakan pada jantungnya. Hal ini membuat para dokter terpaksa mengambil tindakan untuk mengangkat jantungnya pada tahun 2012. 

Berkat kemajuan teknologi, Jakub bisa bertahan hidup. Ia bertahan 6 bulan selama menunggu mendapatkan transplantasi jantung hanya dengan bantuan alat medis. Hingga pada akhirnya ia meninggal tanggal 13 Oktober 2012.

Hidup Tanpa Jantung

  1. Stan Larkin

Setelah 16 bulan menjalani hidup tanpa alat pemompa darah, akhirnya Stan mendapatkan transplantasi jantung. Sebelumnya, jantung yang ia miliki digantikan oleh Syncardia yaitu jantung buatan yang berbentuk ransel dan wajib digunakan setiap waktu. 

Ransel tersebut terhubung pada sistem vaskular yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Penyebab dari kerusakan jantungnya tidak diketahui pasti. Ia baru menyadari saat terjatuh ketika bermain basket, Dokter memvonis dirinya menderita kelainan genetik pada jantung. Kemudian tindakan pengangkatan jantungpun dilakukan pada November 2014.

Apa yang terjadi pada ketiga orang tersebut membuktikan bahwa di dunia ini tidak mustahil jika manusia bisa hidup tanpa alat pemompa darah. Meskipun terdengar aneh namun semua itu berkat kemajuan teknologi yang dikembangkan oleh manusia. 

Baca Juga :

10 Jam Bertahan di Rumah Hantu Ini Bisa Bawa Hadiah Rp281 Juta, Berani?

7 Pasar Aneh di Dunia, Ada yang Menjual Wanita dan Janin Bayi!

Yuk follow juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, telepon dan teks

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

7 Pasar Aneh di Dunia, Ada yang Menjual Wanita dan Janin Bayi!

7 Pasar Aneh di Dunia, Ada yang Menjual Wanita dan Janin Bayi!

Eksperimen Nazi

Eksperimen Nazi yang Paling Menyakitkan