in ,

Hari Tanpa Bayangan Bakal Terjadi di Indonesia! Ini dia Fakta-Faktanya

NgakakOnline.id – Apa kamu sudah tahu kalau ada hari tanpa bayangan? Jika biasanya kita berdiri atau berjalan di bawah sinar matahari, pasti selalu ada bayangan yang menghampiri. Namun masih belum banyak yang tahu kalau setiap tahunnya ada hari dimana bayangan tidak akan terlihat. Untuk memperingati hari tanpa bayangan ini Kota Pontianak, Indonesia bahkan membuat festival khusus.

Ada yang berbeda untuk tahun ini, hari tanpa bayangan tidak hanya terjadi di Pontianak saja, namun beberapa kota lain di Indonesia juga akan merasakan fenomena ini. Buat kamu yang penasaran inilah sejumlah fakta mengenai hari tanpa bayangan.

1. Kulminasi

Hari Tanpa Bayangan Indonesia
Image Source : imgcdn

Kulminasi adalah istilah dari fenomena hari tanpa bayangan dalam ilmu astronomi. Peristiwa ini dapat terjadi ketika matahari berada tepat di atas titik zenith atau tepat di atas kepala. Posisi matahari seperti ini yang menyebabkan bayangan bertumpuk pada benda sehingga seolah-olah tidak ada bayangan yang tampak.

2. Terjadi dua kali dalam setahun

Hari Tanpa Bayangan Indonesia
Image Source : tstatic

Hari tanpa bayangan adalah salah satu bagian dari peristiwa ekuinoks, yaitu fenomena dimana garis khatulistiwa bumi sejajar dengan pusat matahari. Ekuinoks biasa terjadi setiap enam bulan sekali yaitu tanggal 21 Maret dan 23 September.

3. Tidak terjadi serentak

Hari Tanpa Bayangan Indonesia
Image Source : klimg

Fenomena hari tanpa bayangan tentunya tidak terjadi serentak di berbagai kota. Contohnya saja Pontianak, Kota khatulistiwa ini mengalami peristiwa langka ini tepat pada hari ekuinoks yaitu 21 Maret dan 23 September. Biasanya warga Pontianak beramai-ramai berkumpul di Tugu Khatulistiwa untuk menyaksikan langsung peristiwa unik ini.

Sementara itu di Banda Aceh sudah mengalami peristiwa ini terlebih dahuli pada tanggal 9 September. Untuk kalian yang tinggal di pulau Jawa, siap-siap ya karena peristiwa kulminasi ini akan dimulai pada 9-13 Oktober. Coba deh keluar rumah sekitar jam 12, pasti kalian bisa melihat bayangan sendiri menghilang.

4. Bisa membuat telur berdiri tegak

Hari Tanpa Bayangan Indonesia
Image Source : tstatic

Membuat telur bisa berdiri tegak adalah hal yang sulit, namun pada hari tanpa bayangan hal ini bisa saja terjadi. Pada saat peristiwa kulminasi, gaya gravitasi matahari terhadap bumi akan bertambah kuat. Biasanya di hari ini warga Pontianak memanfaatkannya untuk perlombaan mendirikan telur untuk menarik wisatawan.

5. Durasi siang dan malam yang sama

Image Source : klimg

Pada saat terjadi hari tanpa bayangan, siang dan malam akan memiliki durasi yang sama dalam satu hari. Fenomena ini dikenal dengan nama ilmiah Vernal Equinox.

6. Tidak berdampak apapun

Image Source : obs.line-scdn

Tidak ada yang perlu ditakutkan dari peristiwa ini karena tidak ada dampaknya pada apapun. Fenomena ini bahkan malah menarik untuk dijadikan ajang edukasi publik, tentang bagaimana peristiwa ini bisa terjadi.

Nah itulah beberapa fakta seputar hari tanpa bayangan, jadi gausah berasumsi negatif dulu ya. 

Baca Juga :

Berikut Sepatu Sendal desain AntiMainstream, yang bikin kamu tampil beda

Kejadian Aneh, Pria Ini Sudah Dikubur Ternyata Pulang Lagi !

Yuk follow juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, telepon dan teks

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Cerita Orang Terkaya RI Lebih Suka Mi Instan Daripada Makanan Hotel

Cerita Orang Terkaya RI Lebih Suka Mi Instan Daripada Makanan Hotel

Hazza Al Mansouri

Hazza Al Mansouri, Astronot Arab ini Telah Membuktikan Bumi itu Bulat