in ,

Hari Batik Nasional, Main Sepak Bola Pakai Sarung di Pekalongan

NgakakOnline.id – Memperingati Hari Batik Nasional yang diselenggarakan pada hari Rabu 2 Oktober 2019 Pemerintah Kota Pekalongan menggelar kejuaraan sepak bola sarungan, yakni pertandingan yang para pemainnya menggunakan sarung batik khas Pekalongan.

Acara ini digelar pada Selasa (1/10/2019) di Lapangan Mataram, Pekalongan. Pertandingan ini diikuti sejumlah tim dari Forkopimda, Askot PSSI, beberapa komunitas dan warga sekitar. 

Pertandingan sepak bola sarung batik dibuka dengan tendangan pertama oleh Wakil Walikota Pekalongan Alf Arslan Djunaid. Meskipun hanya berjalan 2×10 menit, para pemain tampak kewalahan karena tidak leluasa berlari mengejar bola dengan menggunakan sarung batik. 

Namun seluruh pemain terlihat sangat menikmati pertandingan, karena acara ini baru pertama kali diadakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan demi memperingati Hari Batik Nasional 2019.

Image Source : cdn2.tstatic.net

“Susah juga memakai sarung, gerak kaki kita terbatas. Namun, kita bangga dapat menjadi bagian melestarikan budaya Kota Pekalongan,” kata Romi Okta Birawa salah satu peserta. Romi juga menambahkan bahwa penggunaan sarung batik adalah salah satu bagian dari cara mempopulerkan batik yang menjadi ikon Kota Pekalongan.

Wakil Walikota Pekalongan juga berencana menjadikan turnamen sepak bola sarung batik ini sebagai event tahunan. Batik merupakan warisan dunia dan bagian yang tak terpisahkan dari Pekalongan.

Pekalongan memang dikenal sebagai penghasil batik yang berkualitas. Sebenarnya batik Pekalongan mirip dengan batik Solo dan Yogyakarta, namun batik pekalongan lebih memiliki keunggulan dalam penggunaan warna. Banyak wisatawan yang sengaja berburu batik di Kota Pekalongan.

Untuk saat ini, batik sendiri sudah mulai dikenal oleh para wisatawan asing dan dunia. Semoga orang Indonesia semakin banyak yang menggunakan batik serta melestarikannya. Karena batik sendiri merupakan budaya asli Indonesia yang sudah ada sejak lama. Dan kita generasi muda wajib untuk menjaga sampai batik sendiri dikenal oleh anak dan cucu kita.

Baca juga artikel lainnya : 

Hari Batik Nasional, Pegawai Siswa & Mahasiswa Sangat Antusias Memperingatinya

Kisah Edison Selamatkan Ratusan Pendatang Saat Kerusuhan di Wamena

Yuk follow juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, telepon dan teks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

hari batik nasional

Hari Batik Nasional, Pegawai Siswa & Mahasiswa Sangat Antusias Memperingatinya

KKB Papua Nyatakan Siap Perang Melawan TNI-Polri, Warga Sipil Dievakuasi dari Wamena

KKB Papua Nyatakan Siap Perang Melawan TNI-Polri, Warga Sipil Dievakuasi dari Wamena