in

Gurita si “Alien Bumi”, Inilah Beberapa Keistimewaan Hewan Tersebut

 

NgakakOnline.id– Gurita termasuk pada golongan hewan invertebrata. Banyak orang yang gemar mengkonsumsi gurita sebagai makanan, khususnya negara seperti Jepang, Korea dan China. Masyarakat dari negara tersebut biasa mengkonsumsi gurita dalam keadaan mentah bahkan hidup-hidup. Selain menjadi bahan konsumsi apakah kamu tahu, fakta-fakta terkait kemampuan gurita itu apa saja?

 

  1. Kemampuan berjalan di daratan

Gurita

Ada salah satu spesies hewan yang mampu berjalan dengan tenang di daratan. Spesies ini dikenal dengan nama Adopus Octopus, dan berasal dari Australia. Diketahui jenis ini gemar berburu di daratan, dengan berjalan dari sisi pantai yang satu ke sisi lainnya. 

 

  1. Hewan berdarah biru

Gurita

Berbeda dengan manusia yang darahnya mengandung zat besi, hewan ini berhasil berevolusi hingga memiliki darah yang mengandung tembaga. Hal ini lah yang membuat darah hewan ini berwarna biru. Darah hewan ini yang berwarna biru membantu untuk bertahan hidup di kedalaman laut. Kandungan hemocyanin di dalam darahnya mampu mengalirkan darah ke seluruh tubuh dalam suhu rendah dengan sangat efisien.

 

  1. Tidak bertulang

Gurita

Kalau kalian berpikir kucing adalah liquid, justru gurita yang lebih liquid. Gurita mampu menembus lubang apapun karena tubuhnya yang tidak memiliki tulang sehingga mampu memaksakan diri untuk memasuki lubang apapun selama itu memungkinkan.

 

  1. Mengedit RNA secara sadar

Gurita

Jika biasanya kemampuan hewan lainnya beradaptasi dengan lingkungan bergantung pada mutasi alami. Berbeda dengan gurita, mereka memiliki kemampuan mengedit RNA yang diperlukan dengan menggunakan enzim tertentu untuk beradaptasi. Jadi kendali dalam mengendalikan genetik demi beradaptasi bisa mereka lakukan sesuai dengan keinginan sendiri.

 

  1. Mempunyai tiga jantung

Gurita

Gurita memang memiliki morfologi yang sangat unik. Faktanya, hewan ini memiliki tiga buah jantung dengan fungsi yang berbeda. Satu jantung berfungsi menjaga sirkulasi darah agar tetap mengalir, dua jantung lainnya berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jantung ketiga yang disebut sebagai jantung systemic akan berhenti berdetak ketika hewan ini berenang.

 

  1. Kecerdasan yang berkembang

Gurita

Sebagai invertebrata gurita terbilang cukup cerdas jika disandingkan dengan burung, mamalia dan spesies lainnya. Gurita memiliki komposisi otak yang sangat rumit sehingga memberikan kemampuan mengingat, berpikir dan berencana jangka panjang. 

 

Sebuah percobaan sederhana dilakukan pada hewan ini, dimana mereka diberikan beberapa bentuk makanan yang berbeda. Ternyata mereka menggunakan cara yang berbeda pada tiap makanan tersebut.

 

  1. Dapat menumbuhkan kembali tentakelnya

Gurita

Ternyata tidak hanya kadal yang mampu menumbuhkan kembali ekor yang sudah terputus. Gurita juga memiliki kemampuan yang sama hebatnya, ia mampu menumbuhkan kembali tentakelnya yang terputus. Menurut para  ilmuwan, hal ini dibantu oleh protein acetylcholinesterase yang dihasilkan selama proses penumbuhan lengan baru tersebut.

 

Itulah beberapa fakta kemampuan gurita yang perlu kamu tahu, dengan kecerdasan yang mumpuni seperti itu, bukan tidak mungkin jika nanti bisa saja hewan ini memangsa manusia, apalagi kalau  guritanya seperti kraken yang ada di film-film. Ngeri yaahhhh

Baca Juga

Kejadian Aneh, Suara dari Dalam Kubur: Keluarkan Aku, di Sini Sangat Gelap!

Viral Kucing Dicekoki Ciu, Pecinta Hewan Siap Ambil Langkah Hukum

Yuk follow juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, telepon dan teks

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Viral, Motivator Tempeleng Pelajar SMK Malang di Tengah Seminar

Viral, Motivator Tempeleng Pelajar SMK Malang di Tengah Seminar

Ini Cerita Lengkap Kasus Kucing yang Viral Dicekoki Ciu

Ini Cerita Lengkap Kasus Kucing yang Viral Dicekoki Ciu