in

Gempa Situbondo Jenis Dangkal, Begini Penjelasan BMKG

NgakakOnline.id Halo Ngakakonline Lovers,  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggolongkan gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter yang terjadi 01.44 WIB di Situbondo sebagai gempa jenis dangkal. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan lebih lanjut.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diperkirakan akibat aktivitas patahan di zona back arc thrust,” kata Rahmat, seperti dikutip dari situs Antara (11/10).

1. Gempa terasa di Denpasar, Karangkates, hingga Mataram

Gempa Situbondo Jenis Dangkal, Begini Penjelasan BMKG

Dia mengatakan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi di wilayah Laut Bali itu dibangkitkan deformasi atau pemisahan batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik.

Guncangan gempa itu dilaporkan terasa di daerah Denpasar dalam skala intensitas III-IV MMI. Sementara kawasan Karangkates, Gianyar, Lombok Barat, Mataram, Pandaan di angka III MMI.

2. Belum ada laporan kerusakan setelah gempa

Gempa Situbondo Jenis Dangkal, Begini Penjelasan BMKG

Dia mengatakan belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 02.30 WIB, dia menyebut hasil monitoring BMKG sudah terjadi satu kali gempa susulan (aftershock) dengan magnitudo 3,4 Skala Richter.

LANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL DI BAWAH
Editors’ Picks
Korban Meninggal Dunia Tsunami Palu-Donggala Capai 1.944 Jiwa
Prabowo: Menang Pilpres Gak Perlu Sebar Ujaran Kebencian
Banyak Hoax Tentang Bencana Sulteng, Jokowi: Itu Biadab, Itu Pengecut!
Baca Juga: BNPB: 3 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa Situbondo

3. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang

Gempa Situbondo Jenis Dangkal, Begini Penjelasan BMKG

Masyarakat yang terdampak gempa diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebelumnya, pada Kamis pukul 01.44.57 WIB wilayah Laut Bali diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa berkekuatan 6,4 SR yang dimutakhirkan menjadi 6,3 SR.

Setelah gempa utama, hingga 8.28 WIB, telah terjadi sedikitnya 11 gempa susulan dengan kekuatan relatif kecil, di bawah 5 SR.

Sumber : idntimes

RECOMMENDED

5 Fakta Miftah, Pejudo yang Didiskualifikasi karena Tolak Lepas Hijab

Inventor di Filipina Memperkenalkan Sebuah Mobil Terbang Sport

Anak ini Menginap 2 Malam sampai Tempuh 25 Km demi ke Warnet

 

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa susbcribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Ini Daftar Anak Politikus yang Maju Pileg 2019

5 Fakta Endometriosis yang Mencengangkan & Wajib Para Cewek Ketahui