in

Fenomena Karoshi di Jepang yang Mengakibatkan Pekerja Meninggal Dunia karena Kelelahan Bekerja

NgakakOnline.id –  Citra Jepang sebagai negara yang memiliki penduduk gila kerja sepertinya benar adanya. Selain memiliki watak tak mudah menyerah, penduduk negara ini juga rela untuk menghabiskan waktunya untuk bekerja bahkan hingga menyebabkan kematian. Fenomena banyaknya pekerja Jepang yang meninggal dunia karena kelelahan bekerja ini disebut dengan Karoshi.

Fenomena karoshi di Jepang menjadi isu yang sangat hangat dalam beberapa tahun belakangan. Pemerintah di Jepang pun melakukan berbagai cara agar hal ini tidak terus terjadi di negara matahari terbit tersebut.

Mungkin itu perumpamaan yang cukup ekstrim ya guys. Sebenarnya karoshi ini tidak selalu muncul akibat alasan fisik pekerja yang melemah akibat terlalu banyak bekerja seperti stroke dan gagal jantung, namun terdapat pula fenomena karoshi yang muncul akibat tingkat depresi yang tinggi sehingga beberapa pekerja memutuskan untuk bunuh diri atau meninggal karena overdosis obat anti depresan.

Depresi yang dirasakan para pekerja Jepang bukan tanpa alasan. Selain karena tingginya tekanan pekerjaan itu sendiri, Jepang dengan populasi penduduknya yang padat rupanya tidak diimbangi dengan lapangan pekerjaan yang memadai. Persaingan lapangan kerja dan kekhawatiran akan tidak terpenuhinya kebutuhan hidup cukup membuat para pekerja tertekan dan berakhir dengan depresi. Ngeri ya, guys.

Baca Juga

Gadis Asal Vietnam ini harus Mendapat Perawatan Rumah Sakit karena Mengeluarkan Keringat Darah

Pemerintah Jepang sendiri sudah melakukan beberapa kebijakan untuk menekan kasus karoshi ini. Salah satunya adalah kebijakan Premium Friday yang mengharuskan perusahaan untuk memulangkan pegawainya lebih awal, yaitu pukul tiga sore, di setiap hari Jumat pada akhir bulan. Pemerintah Jepang sebenarnya juga sudah menginstruksikan kepada perusahaan tentang pembatasan jam lembur maksimal serta instruksi pemadaman listrik kantor di malam hari pada batas jam yang disepakati perusahaan untuk memaksa para pekerja tidak lembur berlebihan.

Nah karoshi faktanya telah mencapai angka 1.456 kasus menurut penelitian Departemen Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang pada tahun 2015. Meski tidak semua kasus tersebut mencuat dan diberitakan secara luas, namun ada beberapa kasus karoshi yang cukup banyak menyedot perhatian mayoritas penduduk Jepang dan dunia. Di .antaranya adalah lima kasus karoshi di bawah ini guys.

Sumber : idntimes.com
Foto : medium.com

RECOMMENDED

Penelitian Menunjukan hal ini yang dirasakan oleh Remaja yang Kesepian

Penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) yang lebih parah ketimbang penyakit maag

Ekspansi Lapisan Terluar atau Korteks Otak saat Otak Berkembang dirahim Ibu Membuat Korteks jadi Menegang

Sekarang Squishy Telah dilarang Beredar di Denmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Perpustakaan Tanoh Abee Merupakan Perpustakaan Islam di Nusantara dan Juga Tertua di Asia Tenggara

Temuan Terbaru Ilmuwan Jepang Ungkap Galaksi Bima Sakti Sempat Mengalami Periode Mati