in ,

Fakta Unik Ingatan Manusia yang Jarang diketahui

NgakakOnline.id – Fakta unik ingatan manusia yang merupakan bagian tubuh sangat penting. Tubuh manusia mempunyai banyak hal mengejutkan maupun unik yang kita tidak tahu, nih, teman-teman.

Salah satu bagian tubuh yang punya banyak fakta mengejutkan dan unik adalah bagian tubuh yang terpenting, yaitu otak.

Otak menjadi bagian tubuh yang mempunyai banyak fakta unik dan mengejutkan karena otak mengendalikan seluruh aktivitas yang terjadi dalam tubuh kita.

Ingatan atau memori menjadi salah satu bagian dari otak yang juga mempunyai fakta unik, nih, teman-teman.

Sesuai namanya, ingatan membantu kita mengingat berbagai hal yang setiap hari kita lihat dan diserap oleh otak.

Selain itu ingatan atau memori di otak juga akan bekerja untuk mencari ingatan yang dibutuhkan pada saat-saat tertentu.

Bobo punya beberapa fakta unik mengenai ingatan manusia, lo, teman-teman. Apa saja, ya?

Fakta Unik Ingatan Manusia yang Jarang diketahui

Fakta Unik Ingatan Manusia yang Jarang diketahui
Fakta Unik Ingatan Manusia yang Jarang diketahui

Otak Tidak Punya Batasan dalam Mengingat

Apakah saat belajar teman-teman pernah merasa sudah tidak mampu lagi mengingat berbagai materi yang saat itu dipelajari?

Kalau sudah begini, kita pun merasa otak sudah penuh dan tidak dapat mengingat hal-hal baru.

Faktanya, ingatan kita memiliki kemampuan tidak terbatas dalam mengingat berbagai hal yang kita lihat, baca, atau pelajari, lo.

Seorang profesor psikologi di Universitas Northwetern mengatakan otak bisa menyimpan data hingga 2,5 petabytes atau setara 2,5 juta gigabytes! Wah, besar sekali, ya, kapasitas penyimpanan ingatan kita.

Meski begitu, kita bisa tetap melupakan sesuatu.

Peristiwa lupa yang dialami oleh ingatan kita terjadi karena manusia cenderung lebih mengingat sesuatu kalau kita berusaha untuk memahami dan menjumpainya secara teratur.

Dua hal ini akan memperkuat koneksi antar neuron di otak dan membuat informasi yang oleh otak lebih mudah untuk diingat.Ada Beberapa Hal yang

Hanya Diingat dalam Ingatan Jangka Pendek Saja

Kapasitas penyimpanan ingatan atau memori kita memang besar, teman-teman, tapi sayangnya hal ini hanya dimiliki oleh ingatan jang panjang saja.

Ini artinya, hanya ingatan jangka panjang kita saja yang mampu menyimpan banyak ingatan, sedangkan hal ini tidak terjadi pada ingatan jangka pendek kita.

Ingatan jangka pendek manusia memiliki kapasitas yang jauh lebih kecil, nih, teman-teman.

Sebuah penelitian menuliskan kalau kita hanya bica mengingat lima hingga sembilan informasi saja dalam ingatan jangka pendek kita pada waktu yang bersamaan.

Nah, karena keterbatasan inilah, dalam keadaan tertentu kita tidak bisa mengingat sesuatu yang secara cepat kita butuhkan. Seperti pelajaran yang sudah kita pelajari sebelum mengerjakan ujian.

Mengakses Informasi Secara Cepat Justru Membuat Kita Tidak Bisa Mengingatnya

Saat ini, kita bisa dengan mudah dan cepat menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan melalui internet.

Namun ada penelitian menarik yang menunjukkan kalau semakin mudah kita mendapatkan sebuah informasi, maka otak kita justru tidak mengingat informasi tersebut.

Hal ini disebabkan karena otak kita mengetahui bahwa kita bisa dengan mudah mencari dan mendapatkan kembali informasi tersebut, sehingga otak memilih untuk tidak mengingatnya.

Otak tidak akan berusaha untuk menyimpan semua informasi dalam memori atau ingatan seperti dulu sebelum ditemukannya internet.

Fenomena ini kemudian disebut sebagai “efek Google” dan menimbulkan perdebatan apakah sebenarnya internet justru mengurangi kemampuan kita mengingat.

Ingatan Tertentu Tidak Memiliki Tempat Khusus di Otak

Agar barang-barang yang ada di rumah atau kamar terlihat rapi, biasanya kita akan meletakkan barang-barang sesuai kategorinya.

Namun hal ini tidak berlaku pada ingatan kita.

Di dalam otak kita, diperkirakan berbagai memori tersebar di berbagai daerah dan memiliki tempat khusus untuk meletakkan memori tertentu.

Hal ini khususnya terjadi pada memori atau ingatan baru, di mana berbagai jenis atau kategori informasi yang berkaitan dengan memori disimpan di tempat mereka pertama kali muncul.

Contohnya seperti informasi yang didapatkan dengan cara melihat akan berada di bagian visual otak kita, lalu informasi yang didapatkan dari mendengar akan berada di area pendengaran, dan berbagai tempat lainnya.

Nah, dari berbagai fakta unik mengenai ingatan manusia, dapat disimpulkan kalau otak manusia adalah bagian tubuh yang rumit namun menarik, teman-teman.

Sumber : bobo.grid.id

Baca juga artikel lainnya :

Fakta Unik Kombucha Teh Fermentasi yang Punya Segudang Manfaat

Viral Wisatawan Pantai Jono Buang Makanan yang dianggap Mahal

Fakta Unik Rusa Sambar yang Menjadi Rusa Terbesar di Indonesia

Kunjungi juga gambarlucu.biz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Fakta Unik Kombucha Teh Fermentasi yang Punya Segudang Manfaat

Fakta Unik Kombucha Teh Fermentasi yang Punya Segudang Manfaat

Aksi Viral Pria yang Bawakan Lagu Seolah Pakai Kabel Listrik

Aksi Viral Pria yang Bawakan Lagu Seolah Pakai Kabel Listrik