in ,

Es Dawet Jembut Kecabut Hidangan Penutup yang Bikin Nagih

NgakakOnline.id – Tahukah Sobat Ngakak, saat ini Es Dawet Jembut Kecabut sering menjadi obat dahaga bagi para wisatawan yang menyambangi Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah. Es Dawet Ireng, begitu nama populer disana. 

Terbuat dari bahan alami, tanpa pewarna buatan sama sekali, Dawet Jembut Kecabut atau Dawet Ireng nan legendaris diolah secara manual. 

Es Dawet di daerah lain, biasa kita kenal juga dengan nama es cendol Sobat Ngakak. Kata ireng sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti hitam. 

Es Dawet Jembut kecabut

Butiran dawet berwarna hitam ini diperoleh dari warna yang dihasilkan dari abu bakaran batang padi (jerami atau merang dalam bahasa jawa) yang dicampur dengan air sehingga menghasilkan warna hitam. Air ini kemudian digunakan sebagai pewarna dawet.

Sementara dawet atau cendol itu sendiri terbuat dari tepung pati gelang atau sagu aren yang direbus sembari diaduk menjelma menjadi adonan nan kental.

Kenapa ada “Jembut Kecabut” nya Sobat Ngakak?

Sebenernya istilah atau penamaan jembut kecabut ini merupakan singkatan nama lokasi dawet khas ini dijajakan Sobat Ngakak. Yakni tepat di sebelah timur ‘Jembut’ (Jembatan Butuh) di kawasan ‘Kecabut’ (Kecamatan Butuh).

Dawet hitam legendaris Jembut Kecabut telah disajikan turun-temurun sejak tahun 1950-an. Warung sederhana yang mejual Es Dawet ini terletak di tepi jalan raya Purworejo-Kebumen.

Karena setiap harinya selalu diserbu pembeli, dalam sebulan batang padi (merang) yang dibakar bisa mencapai lima kwintal hingga satu ton.Untuk satu porsi dawet ireng harganya sangat terjangkau, yakni hanya Rp. 3.500. Jika Sobat Ngakak sedang melewati wilayah Butuh atau berkunjung ke Purworejo, tidak ada salahnya mampir ke warung legendaris yang satu ini ya.

Baca Juga :

5 Hidangan Koki Amatir Ini Bakal Bikin Kamu Ngakak

Tradisi Unik dan Menyeramkan Suku-Suku yang Ada Di Indonesia

Yuk follow juga akun instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Kekurangan air bersih

Potret Warga Kekurangan Air Bersih Ini Akan Membuatmu Sadar

belanja di deep web

Suram, Belanja barang di deep web pemuda ini malah dapat ini !