in

Ekspansi Lapisan Terluar atau Korteks Otak saat Otak Berkembang dirahim Ibu Membuat Korteks jadi Menegang

NgakakOnline.id – Kalau kalian bingung, coba deh bayangkan kamu sedang menarik selembar material yang terbuat dari karet, dari dua arah. Karet yang elastis ini akan mengikuti respons tarikan, dan setelahnya mungkin akan berkerut saat berada di posisi normal.

Atau dari kacamata geologi, coba bayangkan dua buah lempeng tektonik Bumi yang saling bertabrakan – tekanan yang terjadi karena tabrakan hebat ini akan membuat lempeng tertekuk (secara geologis tentunya). Nah dalam kasus otak, lipatan yang seolah tak terhitung ini bisa membuat manusia mengisi lebih banyak neuron atau saraf. Dengan kata lain, otak akan menjadi lebih canggih diiringi dengan kemampuan kognitif yang meningkat.

Baca Juga :

Microgens Bibit Sayuran yang Bisa dikonsumsi ketika masih mungil

Apakah Kawan Sumber tahu kalau mayoritas otak hewan tidak memiliki lipatan atau kerutan? Misalnya nih, korteks dari hewan tikus tidak cukup berekspansi pada saat mereka bertumbuh – jadi otak mereka memiliki permukaan yang sangat halus.

Dalam kasus hewan, otak cenderung berkerut pada hewan yang memang ukuran otaknya lebih besar – walaupun hal ini tidak selalu terjadi.

Manusia terlahir dengan otak yang korteksnya memiliki kerutan dan lipatan. Lekukan (sulci) dan bagian yang melengkung ke atas (gyri) pada otak ternyata memiliki pola yang khusus lho. Bagaimana lipatan otak terbentuk bukan hanya dipengaruhi oleh ekspansi lapisan korteks, tapi juga dari ciri-ciri lapisan korteks itu sendiri. Misalnya, korteks yang lapisannya lebih tipis cenderung lebih mudah berkerut dibandingkan bagian yang lain.

Sumber: sumber.com
Foto: medgadget.com

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa suscribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Microgens Bibit Sayuran yang Bisa dikonsumsi ketika masih mungil

Kini Para Ilmuwan telah Berhasil Membuat Baterai Berbasis Kertas yang Lebih Efisien