in

Ditahan oleh KPK, Bupati Bekasi Dalam Kondisi Hamil Empat Bulan

NgakakOnline.id Hallo NgakakOnline Lovers, Setelah sebelumnya tidak bercerita mengenai kondisinya, Bupati non aktif Bekasi, Neneng Hasanah Yasin akhirnya mengakui ia dalam kondisi hamil. Usia kandungannya sekitar tiga hingga empat bulan.

Hal ini membuat situasinya semakin miris karena Neneng tengah menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga kuat menerima suap dari pengembang proyek Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Konfirmasi mengenai kehamilan Neneng disampaikan oleh juru bicara KPK, Febri Diansyah.

“Bupati memang tidak menyampaikan dia dalam kondisi hamil. Namun, selang satu hari ketika ada kunjungan dokter, ia menanyakan apakah benar dalam kondisi hamil. Dan dijawab ‘iya’. Jadi, (usia kandungan) sekitar tiga atau empat bulan,” ujar Febri yang ditemui di gedung KPK pada Kamis (18/10).

Lalu, apakah KPK akan mengizinkan Neneng memeriksakan kehamilannya secara rutin?

1. Tersangka tetap mendapatkan hak perawatan dan pengecekan kesehatan

Ditahan oleh KPK, Bupati Bekasi Dalam Kondisi Hamil Empat Bulan

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan lembaga antirasuah akan memenuhi hak-hak Neneng sebagai tersangka untuk perawatan dan pengecekan kesehatan.

“Nanti, tentu hak-hak untuk perawatan kesehatan itu akan diberikan oleh KPK, misalnya untuk pengecekan perkembangan secara wajar sekali sebulan atau tergantung arahan dokter spesialis. Hak-hak tersebut akan diberikan,” ujar Febri pada Kamis kemarin.

Informasi ini sempat sumir, lantaran sejak awal Neneng tidak bercerita kepada dokter di KPK. Sesuai standar yang berlaku di lembaga antirasuah, setiap tersangka akan dicek kesehatannya secara umum untuk memastikan kondisi mereka sehat.

2. Bupati Neneng terancam penjara 20 tahun

Ditahan oleh KPK, Bupati Bekasi Dalam Kondisi Hamil Empat Bulan

Melihat kondisi saat ini, Neneng diprediksi terpaksa melahirkan anaknya nanti dalam keadaan masih dipenjara. Apalagi pasal yang disangkakan oleh KPK kepada mantan politisi Partai Golkar itu, ancaman penjaranya tinggi yakni UU nomor 31 tahun 1999 pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau pasal 11 atau pasal 12B. Isi dari pasal tersebut yakni melarang pegawai negeri atau penyelenggara negara menerima janji atau hadiah.

Ancaman penjara yang dihadapi yakni 20 tahun dan denda mencapai Rp1 miliar.

3. KPK memperingatkan kepada para korporasi agar tidak menyuap penyelenggara negara

Ditahan oleh KPK, Bupati Bekasi Dalam Kondisi Hamil Empat Bulan

Selama tiga hari penyidikan, penyidik KPK sudah melakukan penggeledahan di 12 lokasi untuk mencari barang bukti. Tiga lokasi di antaranya kediaman pribadi CEO Lippo Group, James Riady, kantor Lippo di Tangerang dan kantor Lippo di Cikarang. Publik akhirnya menduga kasus ini tidak hanya berkaitan secara individu yang memberi suap, namun sudah menjadi instruksi perusahaan.

Tetapi, apakah betul KPK sudah membidik Lippo Group yang diduga ikut terlibat dalam pemberian suap ke Bupati Bekasi? Juru bicara KPK, Febri Diansyah menepisnya. Menurutnya, tim penyidik saat ini masih fokus kepada orang per orang sebagai tersangka.

“Namun, Undang-Undang sebenarnya mengatur pertanggung jawaban tersebut, bagaimana syarat-syaratnya. Kalau pun nanti ada perbuatan yang mengarah ke korporasi kami tentu akan mencermati, karena KPK sudah pernah menangani pidana korporasi atau pencucian uang,” tutur mantan aktivis anti korupsi itu.

Bagi KPK, kata Febri, salah satu poin penting yang bisa ditarik dari peristiwa tertangkapnya pegawai Lippo Group dalam operasi senyap adalah perusahaan diwanti-wanti untuk tidak memberikan suap kepada penyelenggara negara.

Sumber : idntimes

RECOMMENDED

Jago Bersilat Lidah, 5 Zodiak Ini Katanya Pinter Banget Bohong

WAWANCARA KHUSUS Ge Pamungkas: Saya Belum Tentu Pilih Jokowi di 2019

Go Public, 9 Foto Mesra Sitri Badriah dan Kekasih yang Makin Lengket

 

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa susbcribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Jangan Sampai Terjebak, Ini Lho 7 Ciri-ciri Beasiswa Palsu

Ketegaran Bocah Cantik 3 Tahun Korban Gempa Palu