in

Terungkap! Asal Suara Dengungan Misterius di Langit Pekalongan

NgakakOnline.id – Para warga sempat digegerkan dengan suara dengungan misterius di langit Pekalongan pada Jumat (14/12/2018) dini hari sekitar pukul 01.15 WIB. Bahkan kabarnya, suara dengungan ini terdengar hingga ke daerah-daerah di Pantai Utara Jawa Tengah. Salah satu warga Kota Pekalongan, Ilman Navian (25) menyetujui bahwa suara dengungan tersebut mirip seperti suara pesawat.

Para warga sempat digegerkan dengan suara dengungan misterius di langit Pekalongan pada Jumat (14/12/2018) dini hari sekitar pukul 01.15 WIB. Suara dengungan misterius di langit pekalongan terdengar sampai ke daerah-daerah lain di Pantai Utara Jawa Tengah.

Untuk menjawab kekhawatiran para warga, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, akhirnya mengungkap asal suara dengungan misterius di langit pekalongan tersebut.

Bahkan kabarnya, suara dengungan ini terdengar hingga ke daerah-daerah di Pantai Utara Jawa Tengah. Salah satu warga Kota Pekalongan, Ilman Navian (25) menyetujui bahwa suara dengungan tersebut mirip seperti suara pesawat.

“Seperti suara pesawat atau helikopter. Suaranya sangat dekat dengan rumah, saya kira ada pesawat yang terbang rendah,” ungkap Ilman seperti dikutip dari Tribun Jateng. Suara dengungan ini hanya berlangsung selama 20 detik dan kemudian menghilang secara perlahan.

“Setelah mendengar suara dengungan tersebut, saya langsung cek ke media sosial. Ternyata sudah ramai, banyak yang bertanya suara dengungan tersebut suara apa. Hingga sekarang saya tidak tahu itu suara apa,” lanjut Ilman.

Terkait dengan fenomena tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemudian memberikan penjelasan. Melansir dari Kompas.com, BMKG berpendapat bahwa suara dengungan misterius yang terdengar di langit Pantai Utara Jawa Tengah bukan merupakan faktor alam.

Menurut BMKG suara dengungan misterius tersebut hanya suara pesawat.”Pendapat kami, itu suara pesawat terbang yang sedang melintas,” ujar Kepala Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang, Tuban Wiyoso seperti dikutip dari Kompas.com.

Tuban juga mengatakan dirinya tak bisa menjelaskan pesawat apa yang bisa menghasilkan suara seperti itu. Melansir dari Tribun Jateng, pihak Air Navigasi (Airnav) cabang Semarang menyatakan tidak memiliki data atas kejadian penerbangan bersamaan dengan suara misterius tersebut.

“Kalau yang punya data saat itu (Airnav) Jakarta. Karena yang punya radar kan Jakarta,” ujar Manager Operasional Airnav Semarang, Kelik Widjanarko.

Kelik juga memastikan tidak ada kecelakaan saat terdengar suara pesawat yang melintas di Pekalongan.

“Untuk akurasi berita silahkan hubungi Air Traffic Control (ATC) yang ada di Jakarta atau pihak-pihak terkait,” lanjut Kelik.

Pihaknya menjelaskan bahwa tidak ada pelayanan navigasi ketika tersebar berita adanya pesawat terbang rendah sekitar pukul 01.00 WIB. Namun pada Minggu (16/12/2018) malam, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho telah mengungkap asal suara dengungan misterius tersebut.

Melansir dari laman Twitter pribadinya @Sutopo_PN, Sutopo menyatakan bahwa suara dengungan tersebut berasal dari pesawat Antonov A-12BP. Pesawat tersebut terbang dari Jakarta menuju Melbourne dan melintas di atas Pantura Jawa pada ketinggian 25.000 kaki.

Sumber : grid.id

RECOMMENDED

Tuduhan Berbuah Maut, Mahasiswa 23 Tahun Dituding Mencuri lalu Dikeroyok hingga Tewas

Viral! Terekam Seseorang Berenang Dikelilingi Tiga Ekor Paus Pembunuh

Viral, Video Uang Rp 7,1 Miliar Berserakan dijalan Raya

Kunjungi juga gambarlucu.biz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

mahasiswa

Tuduhan Berbuah Maut, Mahasiswa 23 Tahun Dituding Mencuri lalu Dikeroyok hingga Tewas

Prajuirit TNI Bantu Persalinan

Prajurit TNI Bantu Persalinan di Pedalaman Papua, Videonya Viral di Medsos