in ,

Dampak Kabut Asap yang Mengerikan Dialami oleh Kota ini

NgakakOnline.id – Saat ini Pekanbaru, Riau menjadi tempat paling tidak nyaman karena kepulan dari dampak kabut asap yang tengah menyelimuti kota ini. Kota Pekanbaru memiliki kualitas udara yang membahayakan akibat kabut asap dari kebakaran lahan dan hutan. Bencana kabut asap kali ini mencapai rekor indeks pencemaran udara terburuk dengan skala 500 hingga 800 PSI (Pollutant Standarts Index). Skala 300 PSI saja sudah dapat dikategorikan bahaya.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup ada 49.266 hektare hutan dan lahan yang terbakar di Riau sejak Januari hingga Agustus lalu. Selain Riau ada beberapa wilayah lain yang mengalami bencana serupa, namun Riau yang paling parah.

Dikutip dari Riau Pos awal tahun ini tercatat 281.626 orang mengalami infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA. Bahkan terhitung sejak awal september ini jumlah korban mencapai 4.306 orang. 

Saat pagi hari, suasana kota Pekanbaru masih pekat diselimuti kabut asap, lampu-lampu jalan dan videotron di mall masih terlihat jelas. Ketika hari mulai terang,  jarak pandang tidak lebih dari 500 meter. Tidak tampak aktivitas anak sekolah dan para pekerja kantoran hanya beberapa aktivitas di pasar yang masih ada.

Dampak Kabut Asap

Pemerintah Provinsi Riau memang sudah meliburkan secara bertahap seluruh aktivitas pendidikan dengan maksud mengurangi dampak kabut asap pada anak-anak. Namun yang terjadi justru sebaliknya, banyak anak-anak yang bermain di luar ruangan.

Keluhan lainnya dari dampak kabut  asap ini adalah mual dan muntah. Menurut Koni Masrohanti salah satu wartawati Riau Pos, dia mengalami gejala mual dan muntah karena seharian berada di luar ruangan untuk berkeliling kota pekanbaru. Kabut asap membuat sistem pernafasan terganggu, mata perih dan pastinya menghambat berbagai aktivitas.

Sejak asap semakin pekat, beberapa posko kesehatan sudah dibuat  untuk melayani masyarakat yang mulai mengalami keluhan akibat asap. Diharapkan pemerintah segera menindak mengatasi bencana ini, jangan sampai timbul korban jiwa. Tentunya bencana kabut asap ini sangat merugikan semua pihak. 

Baca juga artikel menarik lainnya : 

Spongebob Ditegur KPI, Netizen Ramai Menegur Kembali KPI Lewat Kicauan Twitter

LAGI VIRAL 2 Video Panas Mama Muda Sumedang Durasi Lebih 3 Menit Beredar Lewat WA, Nasibnya Kini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Kronologi Kecelakaan Tunggal di Tol Jagorawi yang Tewaskan 3 Orang

Kronologi Kecelakaan Tunggal di Tol Jagorawi yang Tewaskan 3 Orang

Berkat Penampakan di Google Earth, Jasad Pria Hilang 20 Tahun Ditemukan