in

Cerita Menyentuh Fari Pilot Batik Air yang Berhasil “Take Of” dari Bandara Mutiara.

NgakakOnline.id – Melansir dari kompas, cerita ini dituliskan oleh rekannya, Vincent Herdison, yang juga telah mendapat persetujuan dari Capt. Fella. Sesaat sebelum keberangkatan dari Bandara Mutiara, Capt. Fella meminta quick handling, sesuatu yang tidak biasa ia minta kepada ground handling. “Entah kenapa kayak diingetin harus buru-buru terbang,” tulisnya.

Penerbangan Batik Air ID6231 melayani rute Palu-Makassar itu dijadwalkan terbang pada pukul 05.55 waktu setempat. Saat mendapat izin untuk takeoff, pesawat mulai rolling di runway, Capt. Fella merasakan pesawat bergerak ke kanan dan kiri, getaran terasa mendatar, bukan vertikal.

Ia belum menyadari bahwa apa yang dialaminya saat rolling untuk takeoff itu adalah gempa yang sedang melanda di bandara Mutiara, Palu. Pada mulanya, Capt. Fella mengira guncangan itu disebabkan permukaan runway yang bergelombang. Setelah pesawat mengudara, awak Batik Air ID6231 menghubungi tower, sesuai prosedur yang berlaku. Namun saat itu sudah tidak ada jawaban dari menara ATC bandara Palu.

Panggilan ke tower ATC Palu dilakukan beberapa kali, namun tetap tidak ada jawaban. Rupanya, saat itu, tower ATC bandara Palu sudah roboh akibat guncangan gempa dan hal itu belum disadari awak Batik Air ID6231. Saat pesawat mencapai ketinggian antara 2.000-3.000 kaki, dan checklist setelah takeoff selesai dilakukan, Capt. Fella melihat gelombang-gelombang aneh di pesisir pantai Palu, tapi ia tetao belum sadar apa yang terjadi.

“Tahu ada gempa setelah ada info di radio,” tulis Capt. Fella. Akhirnya, semua kru penerbangan diberi tahu bahwa mereka adalah pesawat terakhir yang terbang dari Palu, persis saat gempa terjadi. Penerbangan Batik Air ID6231 di hari itu, lepas landas dan tertangkap radar pada pukul 18.17 WITA. Sementara gempa bumi yang terjadi di Donggala, Palu dan sekitarnya, tercatat oleh BMKG pada pukul 18.02 WITA.

Sumber :  kompas

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa susbcribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Akun Facebook Berhasil dibobol dan akan Berdampak Kepada Pengguna yang Menyambungkan Akunnya Dengan Instagram dan Whatsaap.

Facebook Menganktifkan Fitur Safety Check yang Bisa digunakan Untuk Cek Keadaan Teman Wilayah di Donggala.